Mahasiswa IPB Raih Penghargaan di Konferensi Internasional

Mahasiswa IPB Raih Penghargaan di Ajang Konferensi Internasional
Mahasiswa IPB Raih Penghargaan di Ajang Konferensi Internasional
Sumber :

VIVA – Mahasiswa program studi Teknologi Kelautan, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, atau FPIK IPB meraih prestasi tanpa henti menjelang akhir 2017.

Kali ini, Angga Dwinovantyo, mahasiswa Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul atau PMDSU program studi Teknologi Kelautan IPB, berhasil meraih penghargaan sebagai Best Student Presentation Award dalam ajang konferensi ilmiah tingkat Asia di The Eleventh Annual Meeting of Asian Fisheries Acoustic Society 2017 di Guangzhou, China, pada 13-15 November 2017.

Angga berhasil menyabet penghargaan tersebut pada konferensi bergengsi bidang akustik kelautan di Asia yang diikuti oleh 96 peserta dari 11 negara. Yaitu Jepang, Indonesia, China, Australia, Taiwan, Korea, Thailand, Norway, Malaysia, Amerika Serikat, dan Canada. Karya ilmiah yang dipresentasikan berjudul, Spatial and Temporal Variation of Zooplankton Backscattering Strength from Mobile ADCP Data.

Dalam kegiatan yang diadakan setiap tahun ini, Angga menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang memenangkan penghargaan ini. Sementara itu, setiap tahunnya didominasi oleh peserta dari Jepang, Korea, dan China.

Selain itu, Angga juga memperoleh penghargaan serupa pada kegiatan Regional Conference on Acoustics and Vibration (RECAV) pada tanggal 27-28 November 2017 di Denpasar, Bali. Ada pun penghargaan yang telah berhasil diraih di antaranya Best Presenter Award dan 2nd Best Student Paper yang diberikan oleh Association of Acoustics and Vibration Indonesia (AAVI), Society of Acoustics Singapore (SAS), Acoustical Society of America (ASA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan yang bertemakan Enhancing Acoustics and Vibration Research, Education, and Professionalism in Global Community ini diikuti oleh beberapa peneliti bidang akustik dan vibrasi dari beberapa negara. Di antaranya Australia, Belgium, Chile, Hongkong, India, Indonesia, Italia, Jepang, Malaysia, New Zealand, Qatar, Korea, Singapore, Switzerland, dan UK.

Para peserta terbagi atas beberapa topik, yaitu Engineering Acoustics, Machinery and Vibration Control, Signal Processing in Acoustics, Underwater Acoustics, Material for Noise and Vibration Control, dan lainnya.