5 Kunci Sukses Memulai Bisnis

memulai bisnis anti gagal
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat ini banyak kalangan anak muda yang sukses dalam dunia bisnis. Banyak dari mereka yang lebih tertarik menjadi seorang pebisnis ketimbang menjadi pegawai kantoran. Menjadi seorang pebisnis seakan memberi tantangan baru bagi anak muda untuk terus berkembang dan berfikir inovatif.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Selain itu, anak muda lebih senang memilih berbisnis karena memiliki waktu yang jauh lebih flexible dan tidak mengikat. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa menjalankan bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi pemula yang baru akan merintis.

Banyak sekali rintangan yang harus dilewati agar bisa bertahan sampai sukses. Berikut ini tips memulai bisnis yang menguntungkan, khususnya bagi pemula:

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

1.    Bulatkan niat

Ketika memulai berbisnis tanpa niat yang jelas dan kuat atau sekadar iseng, maka pencapaian dan hasil akhirnya tidak akan maksimal dan besar kemungkinan tidak akan sanggup bertahan menghadapi rintangan yang ada di tengah jalan.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Berbeda dengan yang dari awal sudah membulatkan niatnya untuk berbisnis dengan kuat, pasti hasilnya akan lebih maksimal, gigih dan tidak mudah menyerah. Dari sinilah dapat diambil kesimpulan bahwa niat memiliki peran besar dalam menentukan kesuksesan dalam berbisnis.  

2.    Lihat peluang sekitar

Anda harus jeli untuk mencari dan melihat peluang bisnis yang ada di sekitar Anda. Karena tidak menutup kemungkinan ada banyak potensi bisnis yang ada di sekitar Anda yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya.

 Salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan cocok di berbagai daerah adalah Kue Lava Merapi. Sebuah bisnis franchise kue balok dengan perpaduan cokelat lumer yang disukai oleh berbagai kalangan.

3.    Fokus pasa satu bisnis

Fokus menjadi salah satu kunci sukses berbisnis bagi pemula, karena nantinya Anda akan mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran pada satu bisnis. Salah satu penyebab gagalnya pebisnis pemula adalah mereka terlalu berambisi untuk memiliki banyak bisnis sehingga pikirannya terpecah-pecah ke bisnis yang lainnya.

Memang memiliki banyak bisnis adalah kesempatan yang bagus, namun bisnis yang Anda jalankan haruslah sudah bisa berjalan sendiri. Namun jika satu bisnis yang Anda jalani masih tergolong baru dan ‘settle’, maka ada baiknya Anda fokus untuk menjalankan satu bisnis terlebih dahulu.

4.    Pilih Lokasi

Lokasi juga berpengaruh penting dalam berbisnis. Pastikan Anda memilih lokasi yang ramai dan strategis sesuai dengan target bisnis Anda. pemilihan lokasi yang ramai dan strategis akan memudahkan Anda untuk menjaring konsumen dan pelanggan.

5.    Manfaatkan social media

Saat ini social media memiliki peran penting dalam strategi bisnis, baik bisnis skala kecil ataupun yang sudah besar. Selain berguna untuk melakukan promosi kepada followers, social media juga bermanfaat untuk melakukan komunikasi 2 arah dengan semua konsumen, sehingga Anda lebih mudah mendapatkan feedback yang bisa dijadikan landasan untuk memajukan bisnis Anda kedepan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.