Tetap Produktif saat Pandemi Covid-19

Illustrasi memasak dimasa pandemi
Sumber :
  • vstory
Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

VIVA – Setahun sudah seluruh dunia digemparkan oleh Covid-19 yang merupakan virus yang berawal mula dari kota Wuhan, Cina. Kemudian virus tersebut, mulai memasuki Indonesia sekitar pada awal bulan maret.

Berbagai cara dan upaya sudah dilakukan, seperti menggunakan masker untuk pencegahan, kemudian melakukan PSBB dan lock down diberbagai daerah. Namun, hingga saat ini pandemi covid-19 belum juga berakhir.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Banyak orang yang memilih untuk lebih banyak tinggal di rumah (karantina mandiri) dan tidak sedikit pula perusahaan yang melakukan kegiatan work from home demi meminimalisir penyebaran covid-19. 

Lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, tentunya orang-orang akan merasa bosan, jenuh hingga stres. Adanya pandemi ini membuat orang-orang menjadi merasa bingung, cemas, stres hingga frustasi. Secara tidak langsung keadaan saat pandemi ini dapat menganggu kesehatan mental.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Selain itu, banyaknya melakukan aktivitas di rumah seperti bersantai atau berdiam diri dikasur dapat mengganggu kesehatan fisik karena menurunnya produktivitas. Maka dari itu, dibutuhkannya kegiatan-kegiatan positif yang bisa dilakukan saat pandemi untuk tetap menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat secara fisik dan mental.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap produktif saat pandemi. Yang pertama adalah dengan membuat jadwal harian, mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur.

Hal tersebut bertujuan supaya kita dapat mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilakukan dalam satu hari. Yang kedua, kurangi waktu dalam penggunaan handphone. Yang ketiga, mengikuti kelas atau seminar online.

Dengan mengikuti seminar online ini, kita dapat memproduktifkan waktu dan juga menambah banyak ilmu baru. Dari adanya ilmu-ilmu baru tersebut, siapa sangka mungkin akan memunculkan suatu hobi baru yang dapat memproduktifkan diri saat pandemi.

Melakukan hobi saat pandemi, menjadi salah satu solusi untuk tetap produktif saat pandemi. Banyak orang-orang yang mulai mencari dan menemukan hobi baru, sehingga munculnya beberapa hobi yang menjadi populer saat ini.

Salah satu hobi yang populer saat ini adalah memasak. Hal tersebut dapat diketahui dari e-commerce yang mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi di kategori perlengkapan dapur dan peralatan makan selama pandemi.

Kemudian, bahan-bahan pangan pokok dan segar seperti sayur mayur juga mengalami peningkatan. Selain memasak, berkebun juga menjadi salah satu tren baru dalam masa pandemi ini.

Kegiatan ini muncul karena adanya kendala saat orang-orang mulai kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan segar karena dalam kondisi lock down. Sehingga, banyak dari mereka yang mulai untuk menanam berbagai jenis tanaman di rumah.

Selain memasak dan berkebun, ternyata masih banyak hobi yang dapat dilakukan selama pandemi. Seperti menonton film, membaca, melakukan projek DIY, berolahraga, bermain game, meditasi, belajar alat musik, hingga belajar bahasa asing.

Kondisi pandemi ini membuat banyak orang jenuh dan bosan karena lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, sehingga mengakibatkan turunnya produktivitas.

Kuncinya adalah dengan belajar mendisiplinkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan secara teratur dan melakukan hobi yang diminati atau mencari hobi baru yang dapat menjadi salah satu solusi untuk tetap bisa merasa nyaman ketika berada di rumah saat pandemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.