Sektor Penjualan Langsung Melahirkan Perempuan Pengusaha

Perempuan Pengusaha di HDI Tengah Serius Menyimak Pelatihan Product Knowledge
Perempuan Pengusaha di HDI Tengah Serius Menyimak Pelatihan Product Knowledge
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sektor penjualan langsung (direct selling), MLM atau social network marketing masih memiliki banyak tugas untuk membangun reputasi di negeri ini. Namun, berbagai riset membuktikan sektor ini dianggap ramah bagi kalangan perempuan.

Menurut laporan World Federation of Direct Selling Association (WFDSA), 80?ri sekitar 90 juta orang yang berbisnis penjualan langsung (direct selling) di seluruh dunia adalah kaum hawa.

Mereka menemukan sektor penjualan langsung adalah jawaban untuk meraih kontrol atas waktunya sendiri, seringkali dilakukan sambil menjalankan karier lain secara purnawaktu atau paruh waktu, serta sambil menjalankan peran sebagai istri dan ibu yang mengelola rumah tangga.

Hal ini dibuktikan juga oleh High Desert International (HDI) di Indonesia. Perusahaan social network marketing penyedia produk-produk kesehatan berbasis hasil perlebahan dan madu, yang efektif bagi kehidupan modern yang dinamis dan pastinya telah eksis selama 30 tahun di Indonesia ini.

Posisi manajemen diisi 37,2% SDM perempuan yang menduduki posisi-posisi pimpinan paling strategis, mulai dari Key Leader Regional Marketing, Key Leader Regional Coordinator, Key Leader Operations, Key Leader Sales and Marketing, dan jajaran manajemen lainnya.

Ditemui di HDI Hive Menteng (26/08), Key Leader Sales dan Marketing HDI Ellen Suwardi mengakui filosofi inti yang menggerakan perusahaan penjualan langsung memang dinilai praktis bagi kaum perempuan dalam hal struktur, maupun kemandirian di dunia kerja, bahkan dianggap sektor yang progresif.

“Tanpa investasi besar di awal untuk prasarana atau tenaga kerja, serta jam kerja yang fleksibel, penjualan langsung di HDI menjadikan kewirausahaan menjadi lebih menarik bagi perempuan yang ingin menjadi pengusaha paruh-waktu, atau bahkan purnawaktu. Bisnis ini tidak hanya menarik bagi millennial moms yang masih muda, melainkan juga generasi yang lebih tua, karena memberikan kesetaraan kesempatan," papar Ellen Suwardi.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.