Ternyata, Mengekang Berdampak Buruk pada Perkembangan Anak

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Menurut saya, didikan orangtua yang mengekang atau over protektif membuat anak merasa tertekan dan tidak bebas bahkan hal ini dapat membuat anak menjadi stres.

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Mungkin maksud orangtua mendidik anak dengan cara ini bermaksud agar anaknya dapat menjadi apa yang mereka ingin kan, mereka memiliki niat yang baik hanya saja cara mereka yang salah.

Tidak sedikit anak yang mengalami hal ini. Sehingga mereka merasa tertekan, saat jauh dari jangkauan orang tua biasanya mereka akan melakukan hal yang tidak bisa mereka lakukan. Atau mereka memilih kuliah di luar kota atau kerja di luar kota agar dapat terlepas dari sikap over protektif orang tuanya yang membuat anak menjadi tertekan.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Hal ini dapat berpengaruh buruk pada perkembangan mental anak. Yuk, simak dampak buruk pada mental anak jika terlalu over protektif dikekang.

1. Menjadi tidak percaya diri

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Ketika orangtua melarang anak, anak akan merasa tidak diberi kepercayaan dan pada saat itulah anak akan mulai tidak percaya diri untuk melakukan apa yang akan mereka lakukan ke depannya dan akan susah mengambil keputusan dikarenakan perasaan yang labil. dan anak tidak akan dapat berbicara di depan umum dikarenakan rasa yang kurang percaya diri.

2. Menjadi susah bersosialisasi

Akibat sering dilarang ini dan itu, anak akan susah untuk bersosialisasi dan akan lebih suka menyendiri tidak suka keramaian.  Tentunya hal ini akan susah untuk di kemudian hari dikarenakan anak tidak dapat bergaul dan tidak akan tau dunia di luar sana seperti apa.

3. Menjadi nekat

Menjadi nekat akibat terlalu over protektif, mereka akan melakukan hal yang tidak mereka ketahui akibatnya akan berdampak sangat buruk. Banyak dari mereka akan salah mengambil jalan seperti narkoba, seks bebas, mabuk dan banyak lagi kenakalan remaja yang akan mereka lakukan.

Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya orang tua memberi sedikit kepercayaan kepada sang anak dan memberi tahu akibat dari hal yang akan mereka lakukan itu berdampak buruk untuk ke depannya, dengan seperti itu anak mengerti dan tidak akan merasa tertekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.