7 Tips Mendapatkan Teman Baru Saat Sekolah Online

Ilustrasi sekolah online.
Ilustrasi sekolah online.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahun ajaran baru 2021/2022 di sekolah sudah mulai dilaksanakan. Melonjaknya angka penularan COVID-19,  membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengeluarkan aturan pembelajaran kepada siswa selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai pada Sabtu 3 Juli 2021 sampai Rabu 20 Juli 2021.

Selama penerapan PPKM darurat, seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut menjadikan para siswa terpaksa harus sekolah secara online. Sekolah online atau sekolah daring adalah proses pembelajaran yang secara menyeluruh atau sebagian besar menggunakan metode virtual. Artinya, tidak perlu ada kegiatan tatap muka antara murid dan guru, kecuali hanya untuk pelengkap.

Proses belajar di sekolah online dapat menggunakan komputer atau ponsel cerdas yang terhubung dengan jaringan internet. Manusia sebagai mahluk sosial yang dalam kehidupan sehari-hari senantiasa memerlukan orang lain. Dalam kehidupan sosial tersebut manusia haruslah berkomunikasi untuk mengetahui maksud dan tujuan masing-masing individu.

Memasuki tahun ajaran baru, biasanya para siswa berkenalan dengan teman baru di sekolah atau di kelasnya. Dampak sekolah online, memaksa para siswa untuk berkenalan dengan teman baru secara online. Berkenalan dengan orang baru secara online, biasanya mengalami hambatan dalam proses komunikasi, karena para siswa tidak bisa melihat secara langsung wajah teman barunya dan rentan terjadinya miskonsepsi saat berkomunikasi.

Menurut Joseph A.Devito dalam buku The Interpersonal Communication Book (Devito, 1989:4), komunikasi antar pribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan antara dua individu atau antar individu dalam kelompok dengan beberapa efek dan umpan balik seketika.

Komunikasi antar pribadi sangat dibutuhkan dalam menciptakan pertemanan, karena komunikasi antar pribadi efektif dalam mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Komunikasi antar pribadi dapat membantu kita menemukan jati diri kita atau memahami siapa kita sebenarnya dan juga orang lain.

Komunikasi antar pribadi yang efektif dapat menciptakan hubungan pertemanan yang baik. Pertemanan yang baik akan memberikan dampak yang positif bagi sikap dan perilaku siswa.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.