10 Aplikasi Komunikasi Virtual dalam Hubungan Jarak Jauh

Komunikasi virtual oleh canva editor
Sumber :
  • vstory

VIVA-Komunikasi merupakan cara untuk memuali dan membangaun suatu hubungan yang baik dengan efektif, pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang memebutuhakan sebuah interaksi dengan sesamanya.

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Untuk itu banyak industri teknologi terus mengembangakan metode komunikasi sebagai alternatif nya yang saat ini sedang populer yaitu komunikasi dilakukan secara virtual, tentunya juga sudah mamapu mengakomodir kebutuhan dari para pelaku komunikasi.

Komunikasi virtual,  yaitu komunikasi yang dilakukan secara maya untuk terhubung dengan lawan bicara, tidak hanya mengandalkan internet, ruang komunikasi virtual itu sendiri yatu aplikasi. Komunikasi virtual juga memiliki tipenya yang bisa dilakukan  dengan banyak metode. Seperti obrolan melalaui bentauk tulisan, panggilan suara, suara dengan sifat tunda, video, dan panggilan video. Berikut penjelasannya :

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

Chatting

Komunikasi virtual chat online adalah feature atau program obraolan daring yang mengacu pada percakapan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara di internet. Saat ini banyak platform yang menyediakan  jasa komunikasi via chat seperti Line Chat, Short Message Service, Telegram, WhatsApp Chat dan lain sebagainya.

KAI Tambah 10 KA Jarak Jauh di Long Weekend Isra Mi'raj dan Imlek, Catat Rutenya!

Call 

Komunikasi virtual call ini merupakan sebuah komunikasi sinkron yang biasa dilakukan dengan cara telepon atau memangil, jadi dengan feature yang ada pada sebuah aplikasi kita dapat menelepon seseorang sekalipun dengan jarak yang jauh.

Video Call

Komunikasi virtual video call ini menggunakan cara  panggilan video agar saling terhubuang, sehingga komunikator dan komunikan akan tetap menegtahui keadaan lawan bicara melalaui layar di  PC /computer maupaun pada layar smarphone.

Dan Yang terakhir yaitu Video, dalam komunikasi virtual ini berbeda dengan ke tiga komunikasi sinkron, video merupakan komunikasi asinkron yang dimana kita hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahawa komunikasi ini tidak dapat mengatahuai secara langsung keadaan lawan bicara.

Untuk itu kecangihan teknoloagi dalam media komunikasi saat ini sangat mempermudah kita agar teteap bisa menjalin komunikasi yang baik dengan seseorang yang mungkin jaraknya sangat jauh baik itu untuk melepas sebuah kerinduan, ataupaun untuk menjaga hubungan sosial. Berikut ini 10 Aplikasi untuk komunikasi virtual :

1. Skype

Skype adalah aplikasi video call yang di khususkan untuk android dan berbagai sistem oprasi lainnya, Skype terus mengembangakan dengan mennambahkan fitur-fitur yang menarik seperti laynana untuk mengirimkan pesan SMS dan juga panggilan suara. 

2. Telegram

Telegram merupakan aplikasi untuk perangkat telepon seluler dan sistem perangkat komputer, yang memeiliki fokus utama dalam kecepatan pengiriman pesan dan memeberikan banyak fitur-fitur yang menarik, untuk para penguan dapat mengirim pesan, bertukar foto, stiker, audio, dan tipe berkas lainya. Juga ada untuk panngialan suara serta video call.

3. WhatsApp

Selain aplikasi untuk pengirim pesan yang paling populer,  WhatsApp juga memeiliki fitur video call yang tidak kalah bagus nya.  Staightforward dan tidak memiliki banyak fitur yang aneh sehingga cocok untuk mereka yang tidak suka bebasa-basi.

4. LINE

LINE tidak hanya memeberikan fitur-fitur yang menarik, tentunya aplaikasi ini juga bisa memberikan kualitas pada pangilan video dengan gambar yang tinggi  tanpa perlu membayarnya, serta kemampuannya untuk cross-platfaorm.

5. Google Duo

Aplikasi ini merupakan aplikasi video call yang sederhana, walaupun begitu Google Duo dapat memeberikan kualitas panggilan video yang cepat dan setabil layakanya kita menelpon seperti biasa.  

6. Facebook Massanger

Salah satu aplikasi yang  sangat trending dan dipercaya oleh banyak pengguna, serta tersambung dengan facebook sendiri, sehingga  memebuat facebook massager mudah di gunakan dan tentunya tersambung dengan teman teman.

7. Viber

Viber adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengiimkan pesan atau panggilan telepon dan jaga mengiimkan foto kepada pengguna lain dengan fitur-fitur yang menarik, viber terkenal untuk penggauna di android, dengan kemampaun untuk memberi kenyamanan dan kerahasiaan dalam melakukan pangilan video.

8. Zoom

Aplikasi Zoom Meet yaitu sebuah media komunikasi virtual untuk melakukan keeting atau video conference untuk teteap terhubuang dengan raekan atau anggaota lainya yang dapa di akses  melalaui website, baik untuk andraoid, linux, iOS, Windows,  dan OS Mac. Keungulan dari zoom itu sendiri dapat melakukan meeting hingga 100 partisispan bahkan lebih,  memeiliki kualitas suara dan gambar HD, dan memeiliki fitur-firur lainya yang menarik juga bagus.

9. Googel Meet

Googel meet merupakan aplikasi video call yang unggul karena  memiliki pengamannan terenkripsi yang dilakaukan pada setiap sesi video call, sehingga data yang menyangkut pribadi atau pun perusahaan  dapat terjaga dengan aman, aplikasi ini juga merupakan salah satu aplaikasi yang mudah untuk di gunakan karena hanya dengan membagikan link tautan dan siapa pun yang meng klik link bisa secara automatis bergabung yang terpenting sudah terkoneksi dengan email akun Google.

10. IMO

Apalikasi ini dapat digunakan untuk panggilan audio atau pun video dan pesan instan gratis, juga dapat mengirimkan musik, video, FDP serta file lainnya, bersama dengan berbagai stiker, IMO menunkung panggilan video dan suara grup terenkripsi  hingga 20 peserta, selain itu jika koneksi tidak stabil maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan saat panggailan video.

Jadi itulah tadi 10 aplikasi ruang komunikasi virtual yang bisa kita gunakan untuk menjaga hubungan komunikasi agar tetep terjalain, walupun dengan kondisi jarak jauh.

Namun pada proses komunikasi yang dikakukan juga tidak jarang mengalami permasalahan kepada kita seperti kendala dalam berkomunikasi, yang rentan mengalami distorsi pesan, seperti masalah teknis, juga masalah efektivitas bisa memepengauhai tingakh laku yang diharapkan.

Maka ketika kita menyampaikan pesan kita harus mamapu memahami isi pesan yang akan disampaikan, sehingga bisa memeilih kaliamat yang tepat agar pesan tersampaikan secara akurat. Jaringan internet yang tidak setabil pun dapat mendistorsi pesan, serta kondisi kesehatan dan psikologis seseorang pun dapat memepengaruhi kelancaran proses penyampaian inforamasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.