Geliat dan Arah Pendidikan Lebih Maju

oleh unsplash.com
oleh unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sumber Daya Muda dan Pendidikan. Melihat betapa penting pendidikan, pendidikan itu sendiri menjadi salah tujuan negara kita, di mana disebutkan bahwa tugas negara adalah mencerdaskan seluruh kehidupan bangsa. Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk dalam usia produktif sekolah sekitar 45,21 juta siswa adalah berbicara soal berbagai tantangan dan upaya yang maksimal dalam memanfaatkan sumber daya manusia muda yang ada.

Jumlah yang sangat mendominasi ini tentu perlu menjadi perhatian lebih, bahwa pendidikan yang kita lakukan haruslah mampu dilakukan dengan baik dan berlangsung optimal. Pendidikan yang ada harus mampu dan terus berjalan dengan berbagai terobosan baru yang konkret. Betapa disayangkan tentu, jika sumber daya yang begitu melimpah ini tidak mampu diakomodir keberadaannya, cita-cita luhur Bangsa dan Negara kita bakal semakin sulit untuk digapai.

Dengan demikian, dalam dunia pendidikan, penyesuaian dan pengembangan metode pendidikan sebagai jalan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa perlu dilakukan secara berkelanjutan, tidak boleh berhenti dan puas sampai di satu titik tertentu saja. Hal ini dilakukan karena proses pendidikan yang ada harus beriringan dengan proses perkembangan kehidupan kita yang semakin kompleks pula. Pendidikan perlu menjadi sarana yang menumbuhkan metodologi berpikir Sumber Daya Manusia kita agar mampu memahami berbagai hal baru yang muncul akibat derasnya arus globalisasi masa kini.

Apalagi, mengenai Indonesia emas 2045 yang seringkali kita gaungkan menjadi tonggak kebangkitan kita, pendidikan sudah mesti dan barang tentu menjadi titik utamanya. Peran pemerintah sebagai penyelenggara Negara tentu menjadi simpul, langkah fokus membenahi kualitas pendidikan melalui peningkatan kapasitas pengajar, kesejahteraan pengajar, penyederhanaan administrasi, bantuan operasional lembaga pendidikan, kurikulum pendidikan yang menjadi instrumen pasti pemberdayaan sumber daya manusia muda kita merupakan reformasi yang perlu dikerjakan dengan sepenuh tenaga.

Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2022 (RUU Sisdiknas) menjadi bukti nyata kesadaran perbaikan pendidikan kita. Pemerintah melalui Kemendikbudristek yang memiliki kekuasaan konstitusi memang sudah seharusnya kemudian memberikan perlindungan hukum yang bersifat eksplisit untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Selain menjadi langkah serius, hal ini juga agar aturan pendidikan yang ada mampu menjadi hal yang mengakomodir berbagai ketentuan yang belum mampu diakomodir di aturan sebelumnya.

Kesejahteraan Guru

Selain mengenai kapasitas, permasalahan yang dihadapi guru atau tenaga pendidik kita adalah adanya kesenjangan di antara guru-guru kita. Tak sedikit justru guru kita yang masih jauh dengan apa yang dinamakan kesejahteraan. Padahal, guru sebagai pemegang utama agenda pendidikan harusnya memiliki kelayakan hidup agar mampu menjalani perannya yang begitu mulia

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.