Mempersiapkan Digitalisasi dan Pendidikan Masa Depan

Suasana Pendidikan
Suasana Pendidikan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Revolusi industri 4.0 yang sangat erat dengan transformasi digital, yaitu sebuah perubahan cara dalam melakukan pekerjaan dengan menggunakan teknologi informasi agar efektif dan efisien. Transformasi digital telah banyak membawa perubahan hampir di seluruh aspek kehidupan masyarakat salah satunya pada sektor pendidikan.

Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa pendidikan adalah tempat atau wadah untuk mengembangkan seluruh potensi diri yang ada pada diri manusia. Secara umum, pendidikan tidak terbatas pada materi pelajaran tertentu saja, melainkan mencakup segala aspek yang berkaitan dengan mengembangkan potensi diri manusia (Reza : 2021). Sehingga, transformasi digital ini tidak bisa kita hindarkan sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi diri pada peserta didik agar tercapai berbagai target yang telah dibuat.

Secara umum transformasi digital dalam sektor pendidikan yaitu mendigitalkan proses dan produk layanan pendidikan agar pengalaman pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik meningkat. Digitalisasi pendidikan menjadi tuntutan untuk mengatasi berbagai kendala yang menghalangi capaian pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Dengan transformasi digital timbul berbagai kebutuhan infrastruktur dan teknologi.

Perlahan tapi pasti semua aktivitas berpindah ke platform digital. Sudah barang tentu untuk mengimplementasi metode pembelajaran yang disempurnakan dengan teknologi akan memerlukan infrastruktur dan platform teknologi informasi (TI) yang tepat. Seiring kemajuan zaman, aktivitas yang pada mulanya berlangsung secara konvensional dan tuntutan kebutuhan yang semakin banyak, menjadikan akses teknologi semakin diperlukan, hal ini juga berlaku pada sektor pendidikan. Demi keberhasilan digitalisasi pendidikan Indonesia perlu banyak kesiapan dari semua aspek, baik dari lembaganya maupun sumber daya manusianya.  

Menurut Cem Dilmegani (2022), transformasi dalam dunia pendidikan berfokus pada tiga hal, yaitu aksesibilitas, pembelajaran interaktif dan pembelajaran adaptif. Pertama, Teknologi digital memungkinkan peserta didik mengakses sumber belajar lebih mudah dan murah, semua orang dari seluruh pelosok dunia, dari berbagai usia dan status sosial ekonomi yang berbeda telah memiliki akses kelas pembelajaran melalui internet.

Kedua, dengan banyaknya ketersediaan berbagai macam aplikasi, format pembelajaran menjadi lebih interaktif. Ketiga, teknologi komputer dan inteligensi (AI) memungkinkan metode pendidikan diselaraskan dengan keinginan para peserta didik.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor: 615/sipers/A6/IX/2022, menyampaikan apresiasi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas kerja keras dan gotong royong dalam menghadirkan berbagai terobosan dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.