Era Transparansi Anggaran Belanja Kementerian dan Lembaga

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto/VIVA)
Sumber :
  • vstory

VIVA - Pembayaran secara tunai di era teknologi digital yang pesat kerap dianggap sudah ketinggalan zaman. Metode pembayaran non tunai kini juga diadaptasi oleh pemerintah lewat penggunaan Kartu Kredit Pemerintah.

Kata Wapres Ma’ruf Amin Jumlah Kementerian Saat Ini Sudah Ideal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, teknologi digital telah membuat transformasi tata kelola keuangan negara berubah drastis.

Lewat Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), alokasi anggaran belanja untuk seluruh satuan kerja di kementerian/lembaga pemerintah kini tak lagi dilakukan secara tradisional atau disalurkan secara tunai atau cash.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Belanja online

Dengan adanya e-catalog maka belanja kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian sudah belanja online, artinya barang apa, berapa harganya sudah masuk e-catalog belanja pemerintah.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Mirip shopee atau Tokopedia, misal mau beli seragam BKKBN sudah tidak perlu PO atau purchase order.

Vendor tidak perlu tender, pokoknya barang tersebut berapa harganya tercantum di website tinggal klik.

Sehingga sekarang birokrasi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa yang selanjutnya disingkat UKPBJ adalah unit kerja di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang menjadi pusat keunggulan Pengadaan Barang/Jasa tidak kenal orangnya vendor dan tidak perlu tatap muka.

Happy fresh

Layanan delivery barang sayur mayur dan buah di supermarket pun sudah pakai kartu kreditnya happy fresh.

Konsumen pilih supermarket, dan barang sayur belanjaan. Mbak SPG happy fresh akan pilih-pilih barang di supermarket, dan membayar pakai kartu kreditnya happy fresh.

Lanjut SPG serahkan kepada gojek delivery. Cara ini sangat praktis, semua price tag di supermarket tercantum online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.