10 Virus Komputer Paling Berbahaya di Sepanjang Sejarah

http://duniateknologi.info/10-virus-paling-berbahaya-dunia-sepanjang-sejarah-komputer/
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Diyakini dalam 10 tahun ke depan, 80% orang Indonesia sudah menggunakan komputer. Ini terlihat dari bagaimana teknologi terus berkembang dengan sangan pesat di dunia. Terlebih lagi, Indonesia masuk ke dalam lima besar pengguna internet terbanyak.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Tentu saja, ini membuktikan bahwa penduduk Indonesia sudah menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari hari. Entah itu dalam hal bekerja atau belajar untuk anak sekolahan, teknologi adalah hal yang paling membantu. Tapi memang wajib kita akui bersama, bahwa pada dasarnya saat ini ponsel adalah yang paling populer dan pengguna laptop atau komputer masih sebagian saja.

Nah, pernahkah Anda mendengar virus komputer yang dapat membuat seperangkat komputer bisa langsung mati? Atau komputer Anda sering eror dan restart sendiri? Bisa saja itu adalah ulah dari virus yang masuk ke laptop atau komputer Anda. Saya yakin Anda penasaran bukan, apa saja virus yang menakutkan tersebut?

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

1.     Melissa

Virus satu ini dibuat tahun 1999 oleh David L Smith, yang merupakan dasarnya Microsoft Word macro. Penyebarannya cukup mudah, yakni via email dengan dokumen Here is that document you asked for dan don’t show it to anybodey else. Ingat jika Anda menerima email seperti ini, jangan pernah dibuka. Dan jika sampai dibuka, virus akan replikasi dan otomatis mengirim ke top 50 di address book email pada server. 

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

2.     ILOVEYOU

Setelah virus Melissa yang sempat menggemparkan dunia, muncul virus ini dari Filipina. Bentuknya worm, program standalone bisa mereplikasi sendiri. Penyebarannya sama dengan Melisa, yakni via email, judulnya ”surat cinta” dari pengagum rahasia  sebagai pengagum.

Dan untuk original filenya LOVE-LETTER- FOR-YOU.TXT. vbs. VBS ini merupakan singkatan dari Visual Basic Scripting. Virus yang cukup terkenal ini dibuat oleh Onel de Guzman dari Filipina. Dan menurut laporan, virus ini juga pernah muncul dalam tabloid PCMEDIA.  

3.     Nimda

Proses penyebaran virus ini sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet. Nimda hanya memerlukan 22 menit untuk langsung menjadi  terbaik  saat itu. Targetnya cukup bisa dikatakan luar biasa, yakni server-server Internet, menyebar lewat Internet.

Secara umum Nimda akan membuat backdoor ke OS, jadi penyerang akan dapat mengakses ke server dan berbuat apa saja. Nimda ini juga akan secara otomatis menjadi DDoS.

4.     Code Red & Code Red II

Virus ini juga muncul di musim panas 2001, yang menyerang OS Windows 2000 & NT. Efeknya virus ini akan membuat buffer penuh dan akhirnya akan menghabiskan memori. Apalagi saat terhubung langsung dengan White House, semua komputer yang terkena Virus ini akan secara otomatis dapat di akses ke web server di White House bersamaan.

5.     The Klez

Virus ini juga tidak kalah menakutkannya, di mana ia muncul tahun 2001 dan langsung menyebar via email, replikasi trus kirim ke orang-orang di address book. The Klez  akan membuat komputer Anda tidak dapat beroperasi, hebatnya lagi ini bisa menghentikan program antivirus Anda.

6.     SQL Slammer/Saphire

Dan tepat pada Januari 2003 muncullah virus ini, menyebar dengan cepat lewat internet. Yang mencengangkan saat itu sempat membuat layanan ATM Bank Amerika crash, hancurnya layanan 911 Seattle dan Continental Airlines. Di sana diakibatkan oleh virus ini.

Selain tu, menyebabkan terjadinya pembatalan beberapa penerbangan karena error check in dan tiketing. SQL Slammer/Saphire membuat kerugian lebih dari $1 milliar sebelum dipacthed.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.