Selamatkan Ekosistem Laut Indonesia dan Hilangkan Illegal Fishing

Ekosistem Laut Indonesia yang terancam
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Di bumi yang merupakan tempat kita tinggal ini terdapat banyak ekosistem yang menjadi tempat atau habitat bagi banyak spesies binatang, tumbuhan dan lain sebagainya. Dari banyaknya ekosistem yang terdapat pada planet bumi ini, terdapat salah satunya yaitu ekosistem laut.

Deretan Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

Ekosistem laut menyimpan banyak kekayaan dan juga memiliki pemandangan indah yang menakjubkan. Ekosistem laut sendiri menjadi tempat tinggal atau habitat dari berbagai hewan laut yang terdapat juga mamalia dan tempat tinggal bagi tumbuhan laut serta terumbu karangnya.

Laut yang merupakan ekosistem tempat tinggal hewan seperti ikan dan keindahan terumbu karangnya harus dijaga dengan baik kelestariannya. Salah satu kekayaan laut yang sering diambil oleh manusia yaitu ikan.

Hanya Gunakan Kapal Kayu, Aksi Keren Nelayan Ini Berhasil Usir Kapal Asing dari Laut Indonesia

Ikan menjadi hewan yang paling digemari untuk dikonsumsi oleh kita manusia dan oleh karena itu banyak terjadi penangkapan ikan di laut. Di antara penangkapan ikan di laut terdapat penangkap ikan yang melakukan penangkapan ikan tanpa izin dari pihak yang berwenang atau bahkan memakai bahan peledak untuk melakukan penangkapan ikan yang dapat merusak ekosistem laut.

Oleh karena itu untuk mencegah dan mengurangi kejadian seperti yang terdapat di atas perlu dilakukan upaya dan solusi yang tepat. Dibuatnya sebuah alat untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan ilegal baik memakai bahan peledak atau tidak.

Kementerian LHK: 4 Provinsi Miliki Kualitas Air Laut Tertinggi

Alat tersebut akan diletakkan di tengah laut dengan posisi tertentu. Di dalam alat tersebut terdapat sensor yang akan mendeteksi kedatangan kapal laut atau perahu yang mendekat serta mendeteksi getaran yang berlebih sebagai tanda adanya ledakan.

Memiliki jangkauan sensor sejauh beberapa mil yang akan mendeteksi objek padat yang besar sebagai kapal laut atau perahu. Dilengkapi juga dengan kamera untuk lebih akurat. Alat akan mengirimkan sinyal kepada pihak pangkalan laut jika terdeteksi kapal laut ataupun ledakan dan jika kapal laut tersebut tidak dikenali oleh petugas pangkalan lewat kamera.

Sebelumnya penangkap ikan yang memiliki izin akan diarahkan pada titik tertentu untuk menghindari terjadinya kesalahan deteksi. Jika kapal yang memiliki izin terdeteksi hanya pada titik yang dituju dan tidak terdapat objek lain atau kapal laut maka pihak pangkalan tidak akan bereaksi.

Akan tetapi, jika terdapat kapal laut lain yang terdapat pada lokasi tersebut yang tidak memiliki izin dan tidak dikenali oleh petugas lewat kamera maka petugas akan menuju lokasi.

Penangkapan ikan ilegal dan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak menjadi sangat merugikan bagi warga dan negara kita serta merusak ekosistem yang ada pada laut. Semoga dengan adanya alat tersebut dapat mengurangi penangkapan ilegal dan pengrusakan ekosistem laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.