Pesona Indah Bukit Teletubbies Gunung Kidul Yogyakarta

Bukit Teletubis GunungKidul
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Gunung Kidul memiliki banyak spot foto baru yang instagramable. Spot tersebut berupa hamparan ladang jagung yang ditanam di perbukitan Dusun Candi, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa hari terakhir sempat viral di media sosial di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta dengan bukit karst di kawasan yang ditumbuhi tanaman jagung.

Panorama Bukit Teletubbies di Bukit Rimpi Pelaihari

Jalur tersebut mudah ditemukan, mengingat dari pusat Kecamatan Paliyan, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan aspal hingga menemukan simpang tiga dengan sebuah patung orang bersila di pinggir jalan. Untuk menuju Bukit Teletubbies, Anda disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Walaupun mobil dapat melewati jalan menuju Bukit Teletubbies, akan tetapi kondisi atau keadaan jalan yang sempit dan menanjak akan menyusahkan bagi Anda yang datang menggunakan mobil. 

Terlebih jika Anda berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan. Akan sangat berbahaya sekali karena jalan yang sempit. Nantinya, dari simpang tiga itu pengunjung diharap mengambil jalur ke arah selatan. Di tempat lokasi, puluhan kendaraan pengunjung sudah berjejer.

Senja Romantis di Bukit Teletubbies

Pengunjung yang sebagian besar anak muda sibuk mengabadikan gaya dengan latar belakang perbukitan karst. Lokasi bukit karst itu awalnya merupakan hutan jati milik Dinas Kehutanan DIY. Beberapa bulan lalu hutan jati sudah dipanen, dan saat ini dipenuhi jagung. Di sekitar lokasi juga terdapat beberapa lokasi wisata religi seperti Gunung Bagus, Kali Goang, dan Makam Ki Ageng Giring.

Untuk mencapai Bukit Teletubbies, pengunjung harus mendaki beberapa saat. Jangan khawatir, lelah mendaki akan terbayar jika sampai di atas. Pengunjung bisa sepuasnya berfoto-foto ria. Tidak usah takut hasil jepretan jelek, beberapa fotografer siap memberikan jasa terbaiknya jika pengunjung berkenan.

Indahnya Bukit Teletubbies di Bromo Tengger Semeru

Di sekitar jalan juga ada sejumlah pedagang yang siap menghidangkan makanan terbaiknya. Ada bakso tusuk, bakso bakar, es krim, minuman dingin, kelapa muda, dan lain sebagainya. Harganya pun dijamin terjangkau. Tapi sayangnya, Bukit Teletubbies ini indah hanya pada saat musim tanaman jagung. Kalau tidak musim jagung, bukit ini hanya tandus.

Tidak usah khawatir, untuk tiket masuknya gratis kok. Tapi hanya untuk parkir kendaraan saja. Roda 2 cukup mengeluarkan Rp2.000 sekali parkir. Dan untuk kendaraan roda 4 cukup mengeluarkan Rp3.000 sekali parkir. Untuk fasilitas umum memang belum begitu terpenuhi karena memang hanya dikelola oleh warga setempat. Fasilitas kamar mandi sudah ada. Kalian h?anya perlu mengeluarkan Rp2.000 untuk sekali menggunakan kamar kecil tersebut.

Fasilitas lainnya adalah tempat parkir dadakan yang sederhana sudah tersedia. Jangan cemas, karena warga setempat akan menjadi petugas parkir yang senantiasa menjaga kendaraan Anda dengan aman. Hal ini juga bisa menambah perekonomian warga setempat.

Pemandangan di sini bisa membuat otak dan pikiran jadi fresh. Karena memang salah satu tujuan traveling adalah untuk menyegarkan pikiran yang sudah terlalu penuh dengan berbagai macam realita kehidupan sehari-hari. Dengan mengunjungi tempat yang bisa membuat pikiran fresh maka sama saja seperti mengobati hati yang sudah terlalu sumpek dengan realita.

Gunung Bagus Paliyan adalah area hutan rakyat yang morfologinya terdiri dari bukit-bukit kecil. Area bukit teletubbies ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman dekat maupun keluarga kecil kalian. Selain untuk merefreshkan pikiran, bermain ke Bukit Teletubbies ini bisa membuat hati menjadi lebih terjaga mood-nya.

Jadi, setelah melihat penjelasan di atas, kapan kalian berkunjung ke tempat satu ini? Ayo ajak keluarga, teman, dan sahabat terdekat Anda ke Bukit Teletubbies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.