Enam Bank Kucurkan KUR Rp 1,77 Miliar

VIVAnews - Enam bank milik pemerintah mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 1,77 miliar kepada sejumlah debitor di wilayah Kotamadya Semarang. Nilai kredit berkisar antara Rp 5 Juta hingga Rp 500 juta.

"KUR harus diawasi secara ketat sehingga bisa mencapai tujuan ekonomi," ujar Wakil Presiden RI Boediono dalam Kunjungan Kerja ke salah satu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Enam bank pemerintah yang menyalurkan kredit KUR masing-masing sebanyak tiga nasabah itu adalah PT Bank Bukopin dengan total kredit Rp 832 juta, diikuti PT Bank Syariah Mandiri Rp 585 juta, PT Bank Negara Indonesia Tbk Rp 145 juta. Tiga bank pelat merah lainnya yaitu PT Bank Tabungan Negara Tbk Rp 100 juta, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Rp 60 juta dan terkecil PT Bank Mandiri Tbk Rp 52 juta.

Ke-18 debitur yang menerima pengucuran kredit KUR dari bank pemerintah itu bergerak dibidang bengkel, konveksi, hingga koperasi simpan pinjam.

Menurut Boediono, perbankan nasional disamping masyarakat sendiri merupakan pihak-pihak yang harus bertanggung jawab dalam mengawasi penggunaan kredit KUR. "Bank harus bisa menyeleksi debitor yang layak menerima kredit," katanya.

Sebelumnya, di kota yang sama, Enam BUMN juga menyerahkan bantuan kepada 17 sekolah SMP dan SMA di provinsi Semarang untuk membantu operasional mengajar siswa dan pendidik. Sumbangan diberikan mulai dalam bentuk uang tunai minimal Rp 100 juta untuk masing-masing sekolah, perangkat multimedia, atau beasiswa kepada para pelajar.

Pada kesempatan serupa, Wapres juga menyerahkan dana PNPM tahun 2010 untuk Provinsi Jateng senilai Rp 1,158 triliun kepada Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Wapres mengharapkan anggaran PNPM tersebut dapat meningkat nilainya melalui sumbangan dari anggaran pemerintah daerah dan swadaya masyarakat.

"Hampir semua masyarakat menyatakan merasakan langsung program PNPM tersebut karena sifatnya yang tidak birokratif dan program yang diusulkan berasal dari bawah," katanya.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024