Cara Asyik Senang-senang Tanpa Jadi Boros

Piknik bersama pasangan
Sumber :
  • Corbis

VIVA.co.id – Kegiatan yang menyenangkan tidak selalu dilakukan dengan mengeluarkan banyak uang saja. Beberapa kegiatan menyenangkan yang dianggap memboroskan uang antara lain pergi jalan-jalan ke luar pulau atau luar negeri dan nongkrong di mall sambil belanja.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Nah, kecuali kamu dan teman-teman memang kebanyakan duit untuk dibuang, pastinya akan lebih bijak kalau bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan lain yang tidak boros. Yah sekali-kali melakukan kegiatan mahal tidak apa-apa, namun kalau keseringan dilakukan bisa-bisa kamu tidak punya cukup duit lagi untuk ditabung. Bahkan, tabungan bisa terkuras.

Ada berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan teman-teman, tanpa harus menghamburkan banyak uang.  Simak beberapa contoh di antaranya:

Tips Liburan Keluarga Ala Tasya Kamila, Perhatian Lebih untuk Si Kecil

1. Piknik di taman kota, atau pakai saja pekarangan rumahmu

Kalau kamu atau teman kamu ada yang punya pekarangan lumayan luas, kamu bisa gelar tikar untuk acara ‘piknik’ sambil nongkrong. Alternatif lain, pasang tenda dan buat suasana seperti kalian sedang camping.
 
Kalau tidak ada yang punya pekarangan, cobalah nongkrong bersama di taman kota atau fasilitas publik lain yang dapat diakses gratis atauharga tiket  masuk yang murah. Lumayan untuk ganti suasana daripada nongkrong di mall terus, kan?

Agar Tak Kelelahan, Ini Tips Menyusun Itinerary saat Liburan

Baca juga: Enam Langkah Sederhana Dalam Membuat Budget Bulanan yang Mudah

2. Kumpul bersama di rumah teman untuk habiskan waktu akhir pekan

Daripada menghabiskan waktu nongkrong di mall dan nonton di bioskop saat akhir pekan yang mengakibatkan pengeluaran kamu sangat boros, cobalah rencanakan akhir pekan di rumah salah satu teman. Bawa DVD untuk nonton bersama dan siapkan camilan untuk dimakan ramai-ramai.

Selain itu, bisa juga kalian melakukan kegiatan masak bersama. Makanan yang dibuat bersama dengan teman-teman akan terasa lebih enak dan mengenyangkan!

3. Ikut komunitas hobi atau olahraga

Ada banyak keuntungan saat bergabung dengan komunitas hobi atau olahraga. Selain bertemu dengan teman-teman baru yang punya minat sama, bisa jadi komunitas tersebut mendapatkan akses khusus atau harga khusus saat menggunakan fasilitas olahraga atau kegiatan yang terkait dengan hobi tersebut.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Sendiri? Simak Tips Persiapannya!

4. Ikut acara gowes, marathon, atau festival bersama

Cobalah sering update jika di kota kamu ada acara seperti gowes atau bersepeda bersama atau lari marathon bersama. Selain menyenangkan, berbagai kegiatan tersebut biasanya disertai dengan hadiah juga. Lumayan kan untuk diikuti bersama dengan teman-teman sambil adu ketangkasan?

5. Coba main game bersama di rumah teman

Kalau kamu atau salah satu teman kamu ada yang punya konsol game untuk dipakai bermain bersama seperti Xbox atau Playstation, manfaatkan konsol tersebut.  Bermain game bersama bukanlah hal yang buruk kok. Mainkan game bersama yang bersifat adu ketangkasan atau kerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Dijamin menyenangkan!

Baca juga: Asuransi Perlindungan Kredit: Ambil atau Tidak?

Selain lima kegiatan di atas, kamu juga bisa menerapkan berbagai strategi hemat yang tidak mengubah gaya hidup kamu. Salah satu caranya adalah menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan berbagai fiturnya seperti cashback atau diskon.

Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk membantu kamu menemukan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya