Bos Adaro Yakin Kinerja Perusahaan Membaik

Ilustrasi/Aktivitas pekerja tambang batubara di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – PT Adaro Energy Tbk optimistis, kinerja perusahaan ke depannya akan meningkat dengan adanya kenaikan harga batu bara. 

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

Seperti yang diketahui, Kementerian ESDM telah menetapkan harga batu bara acuan (HBA) pada November 2016 sebesar US$84,89 per ton atau mengalami kenaikan 23 persen dibandingkan posisi Oktober 2016 sebesar US$69,07 per ton.

"Dengan kenaikan harga yang kita lihat di pasar, untuk Adaro, saya optimis performance ke depan akan lebih baik, tapi kuncinya efisiensi," kata Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi "Boy" Tohir, di Tempo Scan Tower, Jakarta, Senin 7 November 2016. 

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Ia mengatakan,  telah melakukan berbagai antisipasi dan efisiensi semenjak anjloknya harga batu bara beberapa periode belakangan ini. Efisiensi terus dilakukan agar perusahaan dapat bertahan jika sewaktu-waktu harga batu bara kembali anjlok di level yang lebih rendah. 

"Kita sudah berupaya sedemikian rupa, untuk menekan cost dari produksi kita. Dengan cara efisiensi segala macam. Bahkan tiga, empat  tahun kita terus melakukan segala bentuk efisiensi," katanya menambahkan. 

Tim SAR Temukan Jasad Korban Tenggelam di Lubang Bekas Tambang Batu Bara di Jambi

Boy mengaku masih melihat bahwa harga jual batu bara masih bersifat fluktuatif, artinya tidak selalu berkelanjutan dengan harga yang tinggi. Naik turunnya harga batu bara tergantung kepada suplai dan permintaan.

Salah satu yang paling berpengaruh saat ini, menurut Boy adalah kebijakan pengurangan jam kerja di China. Selain itu, juga ada beberapa tambang-tambang kecil di China yang tidak ditutup. 

"Sehingga terjadi kekurangan suplai sebanyak 300 juta ton, itu yang menentukan (naiknya harga), dan itu yang menyebabkan harga begitu fluktuasi. Tapi yang pasti karena kita cukup efisien, ya Alhamdullilah, saya yakin ke depan performance Adaro akan lebih baik."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya