Proyek Jalur Ganda KA Lintas Selatan Mundur, Ini Alasannya

Ilustrasi pekerja proyek rel jalur ganda.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, jadwal penyelesaian jalur ganda kereta api lintas selatan Pulau Jawa akan mengalami kemunduran, dari target awal penyelesaian pada 2018 menjadi 2019.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Prasetyo menjelaskan, hal itu dikarenakan saat ini masih ada beberapa titik dari jalur ganda kereta api lintas selatan Pulau Jawa tersebut, yang terpaksa mangkrak pengerjaannya. 

"Yang sudah selesai itu dari Solo hingga ke Kutoarjo, Kroya ke Kutoarjo itu yang belum, panjangnya sekitar 80 kilometer," kata Prasetyo di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Menurutnya, lintas selatan Jawa yang belum double track adalah Solo-Kedung Banteng sepanjang 52 km, Kedung Banteng-Madiun 56 km, Madiun-Jombang 86 km, dan Jombang-Wonokromo 64 km.

Dari sekian jalur yang belum tersambung itu, Ia memperkirakan bahwa yang akan paling cepat diselesaikan adalah jalur Kroya-Kutoarjo, dengan target rampung pada pertengahan 2018.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

"Memang agak molor karena selain kemarin anggarannya dipotong. Lalu kita juga bagi untuk pengerjaan proyek jalur kereta api di luar Pulau Jawa. Tapi kita harapkan semua itu 2019 selesai semua," ucap dia. 
 

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024