Tak Boros Saat Buka Bersama Selama Ramadan

Ilustrasi Ramadan.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Buka bersama adalah tradisi unik yang memang hanya ada saat Ramadan. Momen ini sangat ditunggu karena dijadikan ajang silaturahmi yang memang diwajibkan oleh ajaran agama. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Biasanya, di pekan kedua atau ketiga Ramadan, undangan buka bersama pun mulai berdatangan mulai dari teman TK-SMA-kuliah hingga buka bersama rekan seprofesi.

Meski baik karena bisa menjalin silaturahmi, dampak yang harus diminimalisasi adalah boros. Jangan lupa kalau di ujung Ramadan, Anda harus merogoh kocek untuk mudik, zakat, baju Lebaran, dan lainnya. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Agar Anda tetap bisa menjalin silaturahmi tapi tetap hemat, seperti dikutip dari CekAja.com, ini langkah yang bisa dilakukan.

1. Batasi anggaran

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum puasa bergulir dan undangan buka bersama datang adalah membatasi anggaran. Dengan langkah ini jadi tahu berapa kemampuan Anda. 

Karena itu, tak semua undangan buka bersama atau bukber yang akan Anda datangi, karena bujet sudah dibatasi. Agar dana yang disediakan tidak terlalu sedikit, namun juga tidak sampai memotong sebagian besar penghasilan, ada trik yang bisa dilakukan. 

Caranya, dengan memotong terlebih dulu dana untuk kebutuhan tabungan, tiket mudik, dan kebutuhan Lebaran serta konsumsi lainnya. Setelah itu, barulah dana yang tersisa digunakan untuk biaya bukber. 

2. Sesekali jangan bukber di restoran

Tempat untuk bukber biasanya identik dengan kafe, restoran atau lounge. Meski nyaman, konsekuensinya Anda harus merogoh kocek dalam agar bisa bukber di tempat ini. Namun, pertimbangkan hal ini: tujuan utama bukber adalah silaturahmi. 

Memang, tempat yang dipilih pun harus nyaman agar suasana bukber jadi kondusif. Bila kebutuhannya hanya itu, mengapa tidak sesekali bukber di rumah salah satu peserta bukber. Untuk menu, kalian bisa pesan. 

Atau, jika ingin lebih hemat lagi, masak menu bukber bersama-sama. Selain rumah, bukber hemat namun asyik bisa memanfaatkan taman kota atau tempat publik lainnya. Cara ini dijamin dapat menghemat pengeluaran Anda. 

3. Gunakan diskon kartu kredit

Kalau usulan Anda untuk bukber hemat di rumah dan tempat umum ditolak, jangan langsung berkecil hati. Anda tetap bisa kok buka puasa hemat di restoran ataupun kafe langganan. 

Caranya, manfaatkan fasilitas diskon restoran dari kartu kredit. Cari kafe atau restoran yang memberikan diskon khusus untuk kartu kredit tertentu. Potongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar tentu sangat menguntungkan. Sebelum mengadakan, pastikan dulu tempat dan mekanisme pembayaran. 

Anda bisa gunakan kartu kredit milik Anda untuk bertransaksi sambil peserta bukber lainnya mengumpulkan uang patungan. Mudah kan menghemat bujet saat Lebaran?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya