Jalur LRT Cibubur-Bogor Segera Dibangun

Ilustrasi LRT.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Pemerintah terus mengebut pembangunan proyek Light Rail Transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek). Saat ini, sinkronisasi trase antara LRT Jabodebek yang merupakan proyek pemerintah pusat dengan LRT Jakarta yang merupakan proyek pemerintah daerah sudah selesai.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

"LRT saya kira maju, tadi kita sepakat untuk yang masalah detailnya udah selesai. Misalnya, trasenya sudah ketemu antara yang Jakpro dengan Adhi Karya," kata Luhut usai rapat di kantornya, Senin 25 September 2017.

Luhut menyebut, salah satu titik pertemuan rute tersebut adalah di Dukuh Atas. Dengan adanya sinkronisasi trase tersebut, Luhut pun yakin target penyelesaian proyek berjalan sesuai dengan targetnya.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

"Sesuai target. kita sampai sekarang push terus. Makanya pertemuannya ini terus-terusan, maraton, dengan KAI (Kereta Api Indonesia), Jakpro, Adhi Karya, SMI (Sarana Multi Infrastruktur) dan lain-lain. Saya liat orangnya profesional dan saya bangga lihatnya," ujar Luhut. 

Selain itu Luhut mengatakan, para stakeholder juga sudah sepakat untuk segera melakukan studi pembangunan  LRT Jabodebek untuk rute Cibubur-Bogor.

LRT Jabodebek Pasang Jembatan Panjang Terakhir di Dukuh Atas

"Kemudian kita sepakat juga segera pembangunan studi mengenai Cibubur-Bogor," katanya.

Luhut menambahkan, untuk mengejar penyelesaian target pembangunan proyek tersebut, financial close ditargetkan dapat dilakukan dalam waktu dekat. Adapun pinjaman dari beberapa bank BUMN untuk proyek LRT disebut akan cair pada bulan November.

"Kita juga mau financial close segera, kita mau disbursement-nya terjadi waktu-waktu ke depan ini. Pencairan dana, targetnya November ini, banknya dari BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya