Kabinet Baru 2009-2014

Mari Elka Naik Lagi, Ekspor Bisa Tumbuh 14%

VIVAnews - Kabinet baru telah tersusun. Komposisi menteri ekonomi menuai pro dan kontra. Kalangan pengusaha eksportir menilai dipilihnya kembali Mari Elka Pangestu menjadi Menteri Perdagangan akan membawa angin segar bagi kinerja ekspor.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) Toto Dirgantoro optimistis kinerja ekspor akan naik dengan komposisi kabinet baru.

"Ekspor nonmigas kita bisa tumbuh rata-rata 14 persen pada tahun 2010 dibandingkan 2008. Itu karena ekspor kita pada tahun ini masih turun terimbas krisis," kata Toto ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2009.

Dua calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, MS Hidayat dan Mari Elka Pangestu, tadi pagi mengadakan pertemuan tertutup. Salah satu poin kesepakatan hasil pertemuan tersebut, akan menyusun daftar sektor unggulan termasuk komoditas ekspor andalan Indonesia yang akan mendorong sektor perdagangan lima tahun ke depan.

Menurut Toto, Indonesia masih akan mengandalkan 10 komoditas unggulan untuk ekspor, di antaranya, tekstil dan produk tekstil, elektronik, alas kaki, dan agro industri (CPO, karet, dan kopi).

hadi.suprapto@vivanews.com

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan
Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Sosok Bek Timnas Indonesia U23, Nathan Tjoe-A-On tidak mengambil penalti saat Garuda Muda menaklukkan Korea Selatan di perempatfinal Piala Asia U23 Jumat, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024