FOTO: Si Cantik Leptis Magna

Leptis Magna Warisan Dunia UNESCO
Sumber :
  • REUTERS/Youssef Boudlal

VIVAnews - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) mencanangkan Leptis Magna sebagai situs Warisan Dunia. Warisan yang ada di pantai Mediterania Afrika Utara, Tripoli ini menjadi saksi bisu cerita peradaban manusia di masa Kekaisaran Romawi.

Leptis Magna merupakan tempat kelahiran Kaisar Romawi yang bernama Septimius Severus. Sang Kaisar kemudian membangun dan membesarkan kota tersebut. Wilayah yang berjarak 120km timur Tripoli ini masih menyisakan bangunan-bangunan cantik dan terawat hingga kini.

Dikutip dari laman UNESCO, Leptis merupakan salah satu kota tercantik yang dibangun dengan perencanaan untuk sebuah kota. Kota ini dibangun pada masa pemerintahan Augustus dan Tiberius, tetapi sepenuhnya direnovasi Kaisar Severus. Arsitek bangunan di kota ini merupakan gabungan elemen-elemen monumental utama masa itu. Basilika dan lengkungan merupakan contoh utama seni Romawi baru yang sangat dipengaruhi tradisi Afrika dan Timur.

Untuk melihat sisa kemegahan Kekasairan Romawi ini, Klik beberapa fotonya di sini. (eh)

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”
BMW i5 eDrive40 M Sport

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

BMW Indonesia mengumumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk kuartal satu 2024 dengan total 775 unit, menunjukkan peningkatan 12 persen dibandingkan periode yang sama

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024