Otak Kehebatan Dubai Berpulang

Kota Dubai
Sumber :
  • Business Insider
VIVAnews
Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan
- Bankir Inggris yang berjasa mengubah kota kecil Dubai menjadi pusat keuangan dunia telah berpulang. William Duff, seorang Skot, ini yang membuat penguasa Dubai Sheiks Rashid bin Said al Maktoum tertarik mentransformasikan kota yang dulunya mengandalkan sektor kelautan, gembala domba dan perdagangan skala kecil itu.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Duff wafat di usia 92 tahun di Dubai, Jumat 14 Februari 2014. Meski telah pensiun dari posisi sebagai penasihat keuangan Sheikh, Duff terus menjadi sahabat dekat penguasa Dubai.
Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen


Tahun 1960, Duff yang sebelumnya bankir di Kuwait, menemui Sheikh Dubai dan kemudian menjadi penasihat keuangan. Duff yang memiliki gelar sarjana Bahasa Arab dari Universitas Oxford ini pelan-pelan memodernisasi Dubai yang saat itu berpenduduk 50 ribu orang saja.


Duff membentuk Departemen Bea Cukai Dubai dan Departemen Keuangan, kemudian perusahaan kelistrikan Dubai dan kemudian juga menciptakan Zona Bebas Jebel Ali yang menjadi pelabuhan terbesar di Timur Tengah. Empat dekade kemudian, emirat ini menjadi pusat keuangan utama, dengan populasi lebih dari dua juta orang.


Duff berhasil memandu keluarga penguasa dari yang hanya bisa sedikit berbahasa Inggris menjadi lebih terbuka. "Dia menemui Sheikh Rashid dan mereka pun klop. Mereka sering pergi bersama ke Skotlandia. Hubungan mereka lebih dari sekadar bisnis, namun juga persahabatan," kata putri Duff, Sheila Duff-Earles, seperti dilansir Reuters.


Mantan Duta Besar Inggris untuk Uni Emirat Arab, Anthony Harris, menyatakan Duff memainkan peran kunci di pertumbuhan Uni Emirat Arab. "Setirnya tetap di tangan Sheikh Rashid. Namun di sekeliling Sheikh Rashid ada pelayan loyal, loyal dalam hal apapun ide yang digariskan, mereka membuatnya terjadi."


Duff akan dimakamkan pekan ini di Dubai, negeri yang dianggapnya sudah menjadi tanah airnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya