Putri Thailand Bangun Toilet Mahal Hanya untuk Berfoto

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –  Membangun toilet mungkin hal yang biasa. Namun membangun toilet dengan biaya sangat mahal di negara yang penduduknya masih sulit memiliki akses ke toilet, dan hanya untuk kunjungan dua jam, membuat pembangunan itu jadi berita utama.

Putri Raja Thailand Rayakan Natal dan Tahun Baru di Manado

 Kerajaan Thailand membangun sebuah toilet dengan harga lebih dari Rp400 juta.  membangun toilet tersebut untuk Putri Maha Chakri Sirindhorn yang melakukan kunjungan ke Yeak Lom Lake, Kamboja.

Toilet tersebut dibangun khusus untuk tuan putri yang berkunjung ke wilayah tersebut pada Senin, 22 Februari 2016. Putri memang datang, namun ia hanya berada di tempat tersebut selama dua jam. Kunjungan yang singkat itu membuat tuan putri tak sempat lagi melongok ke dalam toilet yang sudah dibangun dengan biaya mahal itu.

Putri Kerajaan Thailand Terpikat Pesona Candi Prambanan

"Putri tidak masuk ke dalam kamar mandi itu. Ia hanya melihat dari luar, dan mengambil beberapa gambar  (berfoto)," kata seorang pemimpin gereja di wilayah tersebut, seperti dikutip dari BBC, 23 Februari 2016.

Cerita toilet mahal yang tak sempat dipakai tuan putri itu menjadi berita utama di Kamboja, di mana 40 persen penduduk negara tersebut tak memiliki akses ke toilet. Menurut pihak berwenang di Kamboja, biaya pembangunan toilet tersebut dibayarkan oleh kerajaan Thailand.

Fenomena Kaos Hitam Pasca Meninggalnya Raja Thailand

Kini, kelengkapan toilet tersebut telah disingkirkan. Sementara bangunan permanen bekas toilet itu akan difungsikan menjadi kantor pemerintah wilayah tersebut.

Pangeran Maha Vajiralongkorn, Raja baru Thailand. Puterinya diangkat menjadi Dubes PBB bidang Narkoba dan Kejahatan.

PBB Angkat Putri Raja Thailand Jadi Dubes Anti Narkoba

Ia punya niat mereformasi pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2017