Terungkap, Penyerang Truk Maut Prancis Sempat Selfie

Sebuah truk besar yang dikendarai Mohamed Lahouaiej Bouhlel (foto kanan).
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Beredar viral swafoto (selfie) Mohamed Lahouaiej Bouhlel (31), pelaku pengendara truk maut yang menewaskan 84 orang di kota Nice, Prancis selatan, Jumat pekan lalu.

Klub Prancis Pakai Jersey Khusus Kenang Tragedi Bastille Day

Dalam foto tersebut terlihat Bouhlel ber-selfie di dalam dan samping truk putih besar bermuatan 10 ton bersama seorang temannya.

Bouhlel menyewa truk tersebut 1.200 poundsterling. Uang tersebut diperolehnya dengan menjual mobil, karena permohonan pinjaman bank ditolak.

PM Prancis: Negara Harus Siap Hidup dengan Ancaman

Melansir situs Mirror, Rabu, 20 Juli 2016, Bouhlel, warga Prancis berkebangsaan Tunisia ini, berpose hanya beberapa hari sebelum melakukan aksi gilanya.

Saluran TV Prancis, TF1, menyebut bahwa foto diambil pada 12 dan 13 Juli, atau 24 jam sebelum penyerangan terjadi.

Cerita Bono U2 Sembunyi di Kafe Saat Teror Truk Prancis

Kini, Bouhlel bersama lima orang lainnya telah ditangkap aparat keamanan Prancis. Selain itu, pihak keamanan terus menyelidiki kemungkinan keterkaitan antara Bouhlel dan kelompok radikal Islam lainnya.

Truk Tabrak Puluhan Orang di Nice Prancis

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve, mengatakan, hingga kini belum menemukan bukti bahwa pelaku merupakan anggota ISIS.

Ia menggambarkan kalau Bouhlel memiliki tiga orang anak dan memiliki sifat individual serta keras.

Selain itu, penyidik juga menemukan bukti bahwa Bouhlel mulai mengunjungi situs jihad, sekitar beberapa minggu lalu. 'History' di komputernya juga menunjukkan Bouhlel kerap menonton video pidato Osama Bin Laden.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dan mengklaim Bouhlel adalah salah satu "tentara" mereka.

Pamannya, Sadok Bouhlel, menyebut bahwa keponakannya itu telah didoktrinasi oleh perekrut ISIS asal Aljazair di Nice, dua minggu sebelum kejadian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya