Satu WNI Positif Terinfeksi Zika di Singapura

Singapura Darurat Virus Zika
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Kementerian Luar Negeri Indonesia memastikan satu warga negara Indonesia (WNI) di Singapura dikonfirmasi positif terjangkit virus Zika.

Ada Virus Baru Disebarkan Nyamuk, Gejalanya Mirip Zika

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada wartawan di Gedung Kemlu, Jakarta, Kamis, 1 September 2016 menuturkan, dari informasi KBRI Singapura, WNI yang terjangkit Zika seorang wanita.

Namun, dia tidak menyebutkan identitasnya.. “Untuk kepentingan privasi,” kata dia.

Hati-hati, Pria Vasektomi Bisa Tularkan Virus Zika

Sejak adanya pengumuman resmi dari Kemenkes Singapura mengenai penyebaran virus ini, Kemenkes Indonesia terus melakukan pemantauan perkembangan situasi di sana.

Untuk tindakan pencegahan, pemerintah Indonesia juga telah meminta peningkatan kewaspadaan kepada petugas kesehatan di seluruh pintu masuk Indonesia.

Virus Zika Mengintai, Ketahui Langkah Antisipasinya

"Kementerian Kesehatan telah mengimbau supaya penumpang yang datang dari Singapura akan diberikan kartu kesehatan mengenai informasi virus Zika. Apabila dalam waktu 10 hari mengalami gejala-gejala Zika, maka segera dilakukan pemeriksaan," katanya.

Langkah ini, menurut Arrmanatha, dianggap sebagai salah satu bentuk preventif pemerintah untuk mencegah penyebaran Zika di Tanah Air.

Untuk melindungi WNI agar mengetahui bagaimana mencegah supaya tidak mudah terinfeksi Zika. Seperti diketahui, jumlah WNI di Singapura cukup banyak, yaitu hampir 200 ribu orang.

Sementara jumlah wisatawan Indonesia ke Singapura pada 2015 mencapai 2,7 juta wisatawan.

Hingga kini dilaporkan bahwa jumlah warga Singapura yang terkena wabah Zika telah melonjak menjadi 115 orang, dari sebelumnya yang berjumlah 41 orang.

Beberapa negara telah mengeluarkan travel advice bagi warganya yang akan bepergian ke Singapura seperti Australia, Inggris, Korea Selatan dan Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya