SDG's Bisa Percepat Pembangunan di ASEAN

Para pemimpin negara ASEAN dalam KTT di Laos, 6-8 September 2016.
Sumber :
  • Biro Kepresidenan RI

VIVA.co.id – Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan salah satu misi penting yang dapat membawa negara-negara ASEAN menyukseskan pembangunan negaranya. Untuk mencapai hal ini, ada beberapa hal penting yang harus diupayakan bersama.

Mahathir Dinilai Sulit Perkuat Posisi Malaysia di ASEAN

"Mempromosikan pembangunan komunitas ASEAN terutama dalam mengimplementasikan SDGs akan membutuhkan kesadaran masyarakat, rasa kepemilikan dan ingin mencapai pembangunan berkelanjutan, serta pelaksanaan visi ASEAN 2025 sesuai dengan kesepakatan yang ada," kata Deputi Sekretaris Jenderal Komunitas Sosio-Kultural ASEAN, Vongthep Arthakaivalvatee kepada wartawan di Jakarta, Senin, 19 September 2016.  

Untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat ASEAN, ia mengatakan, bahwa sosialisasi secara berkesinambungan perlu dilakukan supaya masyarakat di setiap negara mengerti akan pentingnya pembangunan berkelanjutan ini.

Indonesia Negara Paling Tanggap di ASEAN, Kenapa?

"Sosialisasi SDG ini memang harus dilakukan secara terus menerus, terutama dengan peran serta media. Karena akan percuma jika masyarakat ASEAN tidak mengetahui tujuan dari misi pembangunan ini," ujarnya menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Penasihat Senior Yayasan Mae Fah Luang, Alessandro Calvani. Menurutnya SDG untuk jangka waktu 2015-2030 ini sangat penting dan esensial karena tidak hanya membahas mengenai perkembangan ekonomi dan politik saja, tetapi juga penting bagi pengembangan manusia serta hubungan people to people.

8 Strategi Kemlu Demi Stabilitas Kawasan ASEAN

"Keberhasilan implementasi SDG yang diraih ASEAN dan juga China dapat dijadikan contoh serta tolak ukur dunia. Ini karena jumlah penduduk di negara-negara Asia ini sangat besar sehingga bisa menjadi contoh bagi negara lain di Eropa," ujarnya.

(mus)

Menlu Jepang bertemu Sekjen ASEAN di Jakarta

Menlu Jepang-Sekjen ASEAN Bertemu di Jakarta, Bicara Apa

Isu yang disinggung antara lain LCS dan masalah Korea Utara.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2018