Menlu Jepang-Sekjen ASEAN Bertemu di Jakarta, Bicara Apa

Menlu Jepang bertemu Sekjen ASEAN di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Pada hari terakhir kunjungannya di Indonesia, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono melakukan pertemuan dengan Sekjen ASEAN, Lim Jock Hoi. Pertemuan tersebut menegaskan kembali komitmen Jepang untuk mendukung visi dan misi ASEAN.

Muda-mudi Jepang Rayakan Hari Kedewasaan, Heboh Gila-gilaan

Dalam diskusi yang berlangsung tertutup selama sekitar 20 menit, beberapa hal yang dibahas Menlu Jepang dan Sekjen ASEAN antara lain peringatan 45 tahun hubungan ASEAN-Jepang dan pembahasan isu-isu terkini di kawasan.

"Keduanya bertukar pandangan tentang isu regional seperti Laut China Selatan (LCS) dan Korea Utara. Pembicaraan antara Menlu dengan Sekjen bersifat terbuka dan saling bertukar pandangan," kata Duta Besar Jepang untuk ASEAN, Kazuo Sunaga di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Juni 2018.

Telepon Operator Perusahaan Sampai 24.000 Kali, Lansia Ini Ditangkap

Dubes Sunaga melanjutkan, keduanya juga membahas peringatan 45 tahun hubungan persahabatan Jepang dengan ASEAN yang akan dirayakan pada tahun ini.

"Jepang selalu mendukung sentralitas, kesatuan dan konektivitas ASEAN. Itu adalah hal penting. Meski tidak membahas secara detail namun Jepang mendukung konektivitas ASEAN di bawah strategi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar Sunaga.

Rahasia Kelam di Balik Rumah Tahanan para Imigran di Jepang

Selama melakukan kunjungan perdananya ke Indonesia, kemarin Menlu Kono telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Salah satu fokus kunjungan Kono adalah untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang strategis seperti ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

Hari ini, Menlu Kono akan melanjutkan kunjungannya ke Bangkok, Thailand, untuk menghadiri pertemuan Konferensi Kerja Sama antara Negara-negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina atau CEAPAD.
 

Bunuh 19 Penyandang Cacat, Pria Jepang Dihukum Gantung

Kasus ini adalah salah satu pembunuhan massal terburuk di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2020