Balik dari RI, Penasihat Hukum Partai Suu Kyi Tewas Ditembak

Aung San Suu Kyi.
Sumber :
  • REUTERS/Staff

VIVA.co.id – Penasihat Hukum Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), U Ko Ni, tewas ditembak tepat di bagian kepala di Bandara Internasional Yangon, Myanmar, Minggu sore ini.

Kekejaman Junta Militer Myanmar, Aung San Suu Kyi Tak Dikasih Makan dan Ditelantarkan Saat Sakit

Menurut Anggota Senior Partai NLD, U Win Htein, pihak keamanan meyakini aksi penembakan ini telah direncanakan dan Ko Ni adalah targetnya.

Tak hanya Ko Ni, seorang sopir taksi yang membawanya juga dilaporkan tewas. Mengutip situs Mmtimes, Minggu, 29 Januari 2017, U Ko Ni kembali dari Jakarta, Indonesia, di mana ia adalah bagian dari delegasi menghadiri pertemuan pemimpin senior di sana.

Aung San Suu Kyi Sakit, Junta Myanmar Tolak Permintaan Dokter dari Luar

Kronologisnya, ia sedang menunggu taksi di bandara di sekitar pukul 14.30 waktu setempat. "Saya harus katakan bahwa ini adalah hal yang sangat menyedihkan dan kerugian yang sangat besar bagi negara," kata U Win Htein, Komite Eksekutif Pusat Partai NLD.

Menurut laporan polisi yang diperoleh The Myanmar Times dan ditandatangani oleh Petugas Kepolisian Myo Naing, penembak diduga seorang pria berusia 53 tahun dari Mandalay, Myanmar. Tersangka telah ditangkap dan diinterogasi oleh polisi.

Aung San Suu Kyi Dapat Grasi dari Junta Myanmar

Tidak ada motif yang belum diketahui untuk pembunuhan itu. U Ko Ni adalah seorang pengacara terkemuka dan pelindung dari Asosiasi Pengacara Muslim Myanmar yang baru terbentuk. Sedangkan, NLD merupakan partainya Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Penasehat Hukum Partai Liga Nasional untuk Demokrasi, U Ko Ni.

U Ko ni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya