Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi Dipindah ke 'Gedung Pemerintah' Tingkat Tinggi

Aung San Suu Kyi salam tiga jari bentuk protes pada kudeta militer.
Sumber :
  • Istimewa

Naypyidaw – Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang digulingkan dalam kudeta militer pada 2021, telah dipindahkan dari penjara ke gedung pemerintah. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat dari partainya, pada Jumat, 28 Juli 2023. 

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

"Daw Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke kompleks venue tingkat tinggi pada Senin malam," kata seorang pejabat dari Liga Nasional untuk Demokrasi, tanpa menyebutkan namanya. 

Suu Kyi sebelumnya hanya terlihat sekali sejak dia ditahan dalam kudeta militer, pada 1 Februari 2021. Dia terlihat dalam foto buram di media negara dari ruang sidang kosong di ibu kota Naypyidaw yang dibangun militer. 

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Aung San Suu Kyi.

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari New Straits Times, Senin, 31 Juli 2023, sumber dari partai politik lain mengatakan Suu Kyi telah dipindahkan ke kompleks VIP di Naypyidaw.

Apa Beda Junta Militer dengan Kudeta? Ini Jawabannya

Ada kekhawatiran tentang kesehatan peraih Nobel berusia 78 tahun itu sejak penahanannya, termasuk selama persidangan di pengadilan junta yang mengharuskannya menghadiri persidangan hampir setiap hari. 

Suu Kyi telah dijatuhi hukuman 33 tahun penjara karena sejumlah tuduhan, termasuk korupsi, kepemilikan walkie talkie ilegal, dan pelanggaran pembatasan virus corona. 

Sebagai informasi, kudeta di Myanmar telah menjerumuskan negara Asia Tenggara itu ke dalam konflik yang telah menelantarkan lebih dari satu juta orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya