Bom Bunuh Diri Saat Rapat Umum Elite Politik di Pakistan, 44 Orang Tewas, 200 Luka-luka

Bom Bunuh Diri di Pakistan
Sumber :
  • AP Video

Islamabad – Seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya dalam rapat umum politik di bekas kubu militan, di barat laut Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, pada Minggu, 30 Juli 2023. Ledakan itu menewaskan sedikitnya 44 orang dan melukai hampir 200 orang lainnya. 

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Pendukung ulama garis keras Pakistan dan pemimpin partai politik Maulana Fazlur Rehman, saat itu bertemu di Bajur, di sebuah aula dekat pasar di luar ibukota distrik. 

Dilansir dari AP, Senin, 31 Juli 2023, pejabat partai mengatakan Rehman tidak hadir dalam rapat umum tersebut. 

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Kesaksian Bom di Pakistan

Photo :
  • AP Video

Saat para pejabat mengumumkan kedatangan Abdul Rasheed, pemimpin partai Jamiat Ulama Islam, bom seketika meledak. 

Sempat Tegang, Presiden Iran Baru Saja Tiba di Pakistan untuk Hal Ini

Polisi provinsi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri yang meledakkan rompi bahan peledaknya di dekat panggung, tempat beberapa pemimpin senior partai itu duduk.  

Penyelidikan awal menunjukkan kelompok Negara Islam, yang beroperasi di Afghanistan dan merupakan musuh Taliban Afghanistan, mungkin berada di balik serangan itu. Namun, petugas masih menyelidiki. 

“Ada debu dan asap di sekitar, dan saya berada di bawah beberapa orang yang terluka dari mana saya hampir tidak bisa berdiri, dan hanya bisa melihat kekacauan dan beberapa anggota tubuh yang berserakan,” kata Adam Khan, yang terlempar ke tanah oleh ledakan itu. 

Dia juga mengaku bahwa dirinya terkena serpihan di kaki dan kedua tangannya.

Bom Bunuh Diri di Pakistan

Photo :
  • AP Video

Taliban Pakistan, atau TTP, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengeboman itu ditujukan untuk membuat para Islamis saling bertikai. 

Zabiullah Mujahid, juru bicara Taliban Afghanistan, mengatakan bahwa kejahatan semacam itu tidak dapat dibenarkan dengan cara apa pun. 

Perebutan kekuasaan Taliban Afghanistan di Afghanistan pada pertengahan Agustus 2021 memperkuat TTP. Mereka secara sepihak mengakhiri perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan pada November, dan meningkatkan serangan di seluruh negeri. 

Pengeboman itu juga terjadi beberapa jam sebelum kedatangan Wakil Perdana Menteri China He Lifeng di Islamabad, di mana dia akan berpartisipasi dalam sebuah acara untuk menandai satu dekade Koridor Ekonomi China-Pakistan, atau CPEC, di Pakistan. 

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah membantu Pakistan menghindari gagal bayar pembayaran negara. Namun, beberapa warga negara China juga menjadi sasaran militan di barat laut Pakistan dan di tempat lain. 

Feroz Jamal, menteri penerangan provinsi, mengatakan bahwa sejauh ini 44 orang tewas dan hampir 200 orang terluka dalam pengeboman itu. 

Sebagai informasi, serangan bom bunuh diri itu adalah salah satu dari empat serangan terburuk di barat laut sejak 2014, ketika 147 orang, kebanyakan anak sekolah, tewas dalam serangan Taliban di sekolah yang dikelola tentara di Peshawar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya