Korea Utara Arahkan Peluru Kendali yang Diuji ke KTT G-20

Siaran peluncuran balistik misil G20 oleh Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id – Korea Utara kembali menguji coba senjata mutakhirnya, peluru kendali balistik. Tak tanggung-tanggung, kali ini sengaja diarahkan ke arah Wilayah Jerman, negara yang sedang menjadi lokasi konferensi tingkat tinggi atau KTT Negara G-20.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Dikutip dari Reuters, peluru kendali tersebut terbang awalnya sekitar 40 menit dan sempat mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang. Sebagai respons, Jepang melakukan protes dan menilai bahwa tindakan Korea Utara jelas melanggar aturan senjata yang ditetapkan PBB.

Misil tersebut terbang dengan jarak 930 Kilometer. Sementara ketinggiannya disebut pihak Korut masih dalam tahap analisis.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Sementara soal protes Jepang dari Perdana Menteri Shinzo Abe juga diabaikan pihak Korea Utara. Abe sebelumnya meminta agar dua negara utama yaitu Amerika Serikat dan Rusia lebih aktif dalam melakukan langkah konstruktif untuk menyetop program senjata Korut yang agresif.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kemudian menanggapi hal tersebut melalui akun Twitter-nya.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Korea Utara telah meluncurkan misilnya yang baru. Saya bertanya-tanya apa orang ini enggak punya kerjaan lain dalam hidupnya," kata Trump.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024