Ratu Elizabeth II Ternyata Tak Punya Paspor

Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • REUTERS/Justin Tallis/Pool

VIVA – Ketika seseorang ingin meninggalkan negaranya entah untuk urusan pekerjaan atau berwisata, mereka perlu memiliki paspor maupun visa. Keduanya perlu dimiliki, sebagai tanda identitas diri.

Ratu Elizabeth II Diisukan Meninggal karena COVID-19, Ini Faktanya

Namun itu tidak berlaku bagi pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II. Faktanya, dialah satu-satunya warga Inggris yang tidak memiliki paspor dan tidak memerlukan paspor untuk berpergian. Seperti diketahui, lebih dari 120 negara telah dia kunjungi dengan 270 perjalanan dan menempuh jarak lebih dari satu juta mil saat bepergian.

Ini tak lain karena salah satu dokumen kelengkapan paspor yakni berupa nama sebagai kepala negara yang tidak bisa diterbitkan. "Untuk paspor Inggris dikeluarkan atas nama Yang Mulia Ratu, maka Ratu tidak perlu untuk memilikinya," ungkap situs web kerajaan, yang dikutip dari laman express.

Ratu Elizabeth II Ternyata Penggemar Arsenal

Meskipun demikian, dia masih harus melakukan satu prosedur penting saat meninggalkan Inggris.

Sejak 2009, dia diharuskan untuk memberikan rincian data pribadinya termasuk nama lengkap, umur, alamat, kewarganegaraan, dan tempat lahirnya.

Ratu Elizabeth II Diserang COVID-19, Ini Bahayanya Bagi Lansia

Menurut MailOnline, ini dilakukan untuk diperiksa dari daftar nama teroris dan kriminal.

Hal ini bukan satu-satunya rahasia tentang keluarga kerajaan yang mungkin menarik perhatian para penggemar keluarga kerajaan.

Ternyata, keluargaa kerajaan sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat pribadi. Tapi di lain kesempatan mereka pun memilih maskapai penerbangan nasional British Airways sebagai transportasinya.

Ratu biasa memilih maskapai tersebut selama lebih dari lima puluh tahun dari tahun 1952 sampai akhir 1990-an. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya