Ratu Elizabeth II Diserang COVID-19, Ini Bahayanya Bagi Lansia

Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • cheatsheet.com

VIVA – Dari gejala fisik hingga kelelahan mental, pandemi telah memengaruhi semua orang dalam satu atau lain cara. Tetapi ketika menyangkut orang berusia 60 tahun ke atas, COVID-19 telah memicu tingkat ketakutan yang berbeda.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ratu Elizabeth II beberapa waktu yang lalu dinyatakan positif terinfeksi virus COVID-19. Kabar ini tentu menimbulkan kekhawatiran untuk keluarga kerajaan Inggris

Seperti diketahui, COVID-19 yang menyerang lansia bisa menimbulkan penurunan kondisi kesehatan. 

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Laporan Ratu Inggris Elizabeth II yang berusia 95 tahun dinyatakan positif COVID-19 hanya beberapa hari setelah Pangeran Charles dinyatakan positif. Sementara Istana Buckingham mengatakan bahwa raja mengalami gejala ringan seperti pilek, namun fakta bahwa virus SARs-COV-2 bisa mempengaruhi orang tua dan mereka yang memiliki kondisi medis yang lebih parah telah menimbulkan banyak peringatan.

Dari kasus COVID-19 yang dialami Ratu Elizabeth II, setiap orang harus memahami, bagaimana COVID-19 pada lansia di atas 60 tahun berbeda. Dikutip laman Times of India, Anda harus tahu, mengapa infeksi virus corona pada lansia mengkhawatirkan?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), "Orang tua, dan orang-orang dari segala usia dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit paru-paru, atau kanker) tampaknya lebih sering mengembangkan penyakit seriu daripada yang lain."

Demikian pula, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga menyatakan bahwa orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk sakit parah akibat COVID-19.

"Menjadi sangat sakit berarti orang lanjut usia dengan COVID-19 mungkin memerlukan rawat inap, perawatan intensif, atau ventilator untuk membantu mereka bernafas, atau mereka bahkan mungkin mati. Risiko meningkat untuk orang berusia 50-an dan meningkat pada 60-an, 70-an, dan 80-an. Orang yang berusia 85 tahun ke atas adalah yang paling mungkin sakit parah," kata badan kesehatan AS.

Risiko keparahan lebih tinggi

Sejak awal COVID-19, orang tua memiliki risiko besar terkena infeksi parah. Laporan menunjukkan bahwa mayoritas orang yang dirawat di rumah sakit atau meninggal karena virus adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun. Inilah alasan mengapa vaksinasi atau suntikan booster diprioritaskan untuk orang-orang dalam kategori ini.

Sebuah studi baru yang melibatkan lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa orang yang lebih tua memiliki konsentrasi antibodi yang lebih rendah dalam darah mereka setelah vaksinasi daripada orang yang lebih muda dan tingkat antibodi mereka berkurang lebih cepat. Ini hanya membuat mereka lebih rentan terhadap virus.

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Selain itu, penelitian terbaru lainnya yang diterbitkan di BMJ, yang mencoba mempelajari efek jangka panjang COVID pada lansia menemukan bahwa sekitar sepertiga lansia dengan COVID-19 terus mengembangkan kondisi baru, dibandingkan dengan sekitar satu orang. seperlima dari orang lanjut usia yang tidak memiliki infeksi.

Penyakit penyerta dapat menambah kesengsaraan

Kementerian Kesehatan di India menyatakan, "Orang lanjut usia berisiko lebih tinggi terkena infeksi COVID-19 karena penurunan kekebalan dan cadangan tubuh mereka, serta berbagai penyakit terkait lainnya. Morbiditas seperti diabetes, hipertensi, penyakit ginjal kronis dan penyakit paru obstruktif kronik."

"Juga, perjalanan penyakit cenderung lebih parah dalam kasus orang tua yang mengakibatkan kematian yang tinggi," tambahnya.

Konon, kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya dapat meningkatkan risiko keparahan pada populasi yang lebih muda dan lebih tua. Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan mengimbau mereka yang memiliki penyakit penyerta untuk waspada dan lebih berhati-hati dalam bertindak.

Bagaimana cara mencegah COVID di kalangan lansia?

Cara terbaik untuk mengurangi risiko COVID-19 pada lansia adalah dengan mengambil semua tindakan pencegahan. Mengenakan masker, menjaga jarak dan membatasi aktivitas di luar ruangan sangat penting.

Vaksin dan suntikan booster COVID penting bagi lansia

COVID-19 sangat rentan dialami lansia karena mereka dikatakan memiliki respons kekebalan yang lebih lemah. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin COVID secara signifikan efektif dalam mengurangi keparahan dan risiko rawat inap. Selain itu, vaksin booster dikatakan melindungi dari varian baru COVID yang muncul, termasuk Omicron.

Karena itu, penting bagi orang-orang, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin, mendapatkan suntikan mereka, terutama jika mereka termasuk dalam kelompok berisiko tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya