Logo BBC

Misteri Rumah Ratu Elizabeth II Dilahirkan: Benarkah Jadi Restoran?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

 

Di mana sebenarnya lokasi rumah tempat Ratu Elizabeth dilahirkan? Apakah selama ini para pelancong mendapatkan rumah yang salah? Dan, apakah klaim bahwa rumah itu hancur karena serangan bom udara, benar adanya?

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 di Jalan Bruton No. 17, Mayfair, London. Ia dilahirkan bukan di Istana atau rumah mewah atau bahkan di rumah sakit, tapi di sebuah rumah sederhana di tengah jalanan London yang sibuk.

Orang tuanya pindah ke rumah milik kakek-nenek yang merupakan bangsawan dari Skotlandia dan kerajaan Inggris, hanya beberapa minggu sebelum lahir.

"Ini pengingat bagaimana keluarga kerajaan tidak mewah, pada masa itu. Uang adalah masalah," kata sejarawan kerajaan, Robert Lacey.

Elizabeth Alexandra Mary tidak dilahirkan untuk menjadi Ratu pada saat itu, sebagai putri dari putra bungsu raja, dia tidak diperkirakan untuk memperoleh tahta kerajaan.

Apakah tempat lahirnya `dibom`?

Bangunan rumah pertama Ratu sudah tidak ada lagi - dan terdapat klaim terus muncul di internet bahwa rumah itu sudah hancur lantaran serangan udara selama Perang Dunia II.

"Rumah tersebut hancur karena serangan bom dan kemudian diratakan," kata Wikipedia, salah satu contoh dari banyak klaim serupa.

Akan tetapi setumpuk dokumen di Perpustakaan British dan arsip lainnya menunjukkan bahwa pada abad ke-18, rumah tersebut sudah tidak ada bahkan sebelum perang dimulai.

Rumah tersebut merupakan properti milik pengembang - lebih menyedihkan dari dugaan karena serangan udara - itulah yang menyebabkan keruntuhan rumah pertama sang Ratu.

Entrance on Bruton Street
BBC
Sebuah pintu masuk modern di Bruton Street, dekat dengan rumah pertama Ratu.