PDIP: Figur Jokowi Dulu, Mesin Partai Menyusul

Jokowi Temui Pendukung di Posko Pemenangan
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan membenarkan figur calon lebih penting ketimbang partai politik dalam Pilkada DKI Jakarta. Itu pula strategi yang diterapkan PDIP untuk memenangi Pilkada DKI 20 September 2012.

“Untuk strategi pilkada, kami siapkan dulu figur yang bisa diterima masyarakat. Setelah siap, baru mesin partai melakukan koordinasi, menggalang kekuatan bersama relawan, dan mengarahkan saksi-saksi di Tempat Pemungutan Suara,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo kepada VIVAnews, Jumat.

Kemenangan Jokowi-Ahok yang diusung PDIP dan Gerindra, menurut Tjahjo, adalah kemenangan warga DKI Jakarta yang menginginkan perubahan yang lebih baik di Jakarta. “Menuju Jakarta Baru dan Indonesia Baru,” ujarnya.

Cak Imin: Masuk atau Tidak Lihat di 20 Oktober, Akan Terlihat Koalisi Sesungguhnya

Kemenangan Jokowi dan PDIP di Pilkada DKI Jakarta tak pelak menyuntikkan semangat baru di internal partai. “Setidaknya memacu partai untuk merekrut figur-figur yang bisa diterima masyarakat dalam pilkada di daerah-daerah lain,” terang Tjahjo.

Sebelumnya Lingkaran Survei Indonesia menyatakan, partai tak berpengaruh banyak terhadap preferensi pemilih dalam Pilkada DKI. “Tidak ada korelasi langsung antara kemenangan calon dengan partai. Jadi bisa saja dia didukung partai kecil, tapi kalau figur personal tinggi, maka suara yang diperoleh akan tinggi,” ujar Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia, Toto Izul Fatah.

Analisis senada dikemukakan oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI). “Foke yang didukung banyak partai belum tentu menang. Partai politik tidak berpengaruh dalam pilkada. Sekarang personaliti yang berpengaruh ketimbang unsur-unsur partai,” kata Wakil Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin. (umi)

Etenia Croft

Etenia Croft Rilis Lagu Anak-anak 'Sahabat', Tandai Perjalanan Karier di Dunia Musik

Dengan dirilisnya lagu Sahabat, menandai perjalanan karier musik Etenia Croft di tahun 2024. Pada bulan Juni 2024, Etenia Croft akan merilis lagu kedua.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024