Warga di 15 Kelurahan Jakarta Terendam Banjir

Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Meluapnya sungai Ciliwung dan Sungai Pesanggrahan hari ini telah menyebabkan 15 kelurahan di wilayah Jakarta terendam banjir. Sebanyak 2.755 kepala keluarga atau 5.407 warga di 31 rukun warga, 87 rukun tetangga terendam banjir hingga malam ini, Kamis 22 November 2012 pukul 20.15 WIB. Sebanyak 139 jiwa mengungsi.

Lima belas kelurahan tersebut meliputi empat kelurahan di Jakarta Timur (Kampung Melayu, Bidara Cina, Cililitan, dan Cawang), sembilan kelurahan di Jakarta Selatan (Bukit Duri, Kebon Baru, Pejaten Timur, Ulu Jami, Bintaro, Pondok Pinang, Cipulir, Grogol Selatan, dan Pondok Labu), dan dua kelurahan di Jakarta Barat (Kedoya Selatan dan Sukabumi Selatan).
 
Badan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta telah menyiapkan posko darurat di tiap kelurahan dan memberikan bantuan darurat kepada masyarakat.
 
Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, meluapnya Sungai Ciliwung dan Pesanggrahan disebabkan besarnya aliran permukaan yang masuk ke kedua sungai tersebut. Kapasitas sungai tidak mampu mengaruskan debit sungai  yang ada karena adanya sedimentasi dan penyempitan alur sungai.
 
Luas DAS Pesanggrahan 177 km2. Hampir 70% luas DAS merupakan kawasan. Permukiman padat sekitar 45% dari luas DAS tersebar di bagian hilir, mulai dari Kebayoran Lama, Kedoya dan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Kawasan hijau hanya 7% dan tidak merata.

Ini Dia Keunggulan Truk Listrik MAB Dibandingkan Truk Diesel yang Perlu Diketahui

Minimnya kawasan resapan maka hujan yang turun hampir 70% menjadi limpasan permukaan. Kapasitas debit sungai saat ini hanya mampu menampung 40% dari debit banjir yang ada. Adanya penyempitan dan pendangkalan sungai menyebabkan sekitar 60% debit sungai menjadi banjir yang menggenangi permukiman. (ren)

Arab Saudi Dilanda Hujan Deras

Arab Saudi Dilanda Hujan Deras, Makam Nabi Muhammad Terkena Dampaknya

Hujan deras dan badai yang melanda Arab Saudi dalam 24 jam terakhir menyebabkan banjir dan kerusakan yang meluas, pihak berwenang kini membantu daerah yang terkena dampak

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024