Isi Pertemuan Tertutup Kapolri dan Megawati

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menyambangi Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 21 Maret 2018. Megawati bertemu dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Pertemuan yang digelar selama kurang lebih tiga jam itu dilakukan secara tertutup.

Hasto PDIP Klaim Angket Belum Bergulir Bukan Tunggu Intruksi Megawati tapi Banyak Tekanan

Baik Tito maupun Mega tidak memberikan keterangan apapun usai pertemuan tersebut. Namun, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto usai pertemuan menyampaikan, pertemuan tersebut membahas tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Hari ini Bu Mega yang sudah ditunjuk oleh Presiden menjadi Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang rencananya besok akan dilantik oleh Presiden. Tadi hadir bersama seluruh anggota lengkap dan diterima oleh Pak Kapolri dan seluruh pejabat utama Mabes Polri," kata Setyo usai pertemuan Tito dan Megawati di Mabes Polri.

Anies Baswedan Sebut Tinggal Tunggu Waktu Jusuf Kalla dan Megawati Ketemu

Terkait isi pertemuan, Setyo menuturkan, hal ini sebagai ajang silaturahmi antara BPIP dengan Polri. Selain itu, disampaikan pula beberapa hal rencana program BPIP ke depan yang bisa disinergikan dan dilaksanakan oleh Polri.

"Polri adalah salah satu organisasi vertikal yang mempunyai anggota yang cukup besar ini 443 ribu seluruh Indonesia," katanya.

Suara Ganjar-Mahfud Terpuruk, Viral Lagi Ucapan Megawati: Jokowi Kasihan Deh

"Tadi juga disampaikan Bhabinkamtibmas yang ada di desa yang sekarang berjumlah 40 ribuan merupakan potensi besar untuk bersama BPIP menggelorakan kembali membumikan lagi Pancasila," kata Setyo menambahkan.

Ke depan, Setyo menuturkan, ada beberapa Kegiatan BPIP yang perlu Polri dukung. Polri pun menyatakan siap melakukan hal tersebut. "Kapolri bilang Polri siap mendukung seluruh jajaran. Tidak hanya Bhabinkamtibmas, tapi juga polres polres, kita ke sekolah sekolah bisa, ke komunitas juga bisa," ujar dia.

Menurut Setyo, tidak ada agenda lain dalam pertemuan tersebut. Setelah diterima di ruang tamu dan berbicara soal BPIP, dilaksanakan jamuan makan siang dan foto bersama. Menurut Setyo belum ada pembahasan khusus dalam pertemuan itu.

"Sementara belum karena besok mau dilantik besok kata ibu," kata dia. Usai pertemuan, Mega langsung bertolak dan Tito tidak menampakkan diri ke hadapan media.

Megawati Soekarnoputri disambut Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri

Megawati Soekarnoputri disambut meriah di Mabes Polri

Sebelumnya, berdasarkan pantauan VIVA, Megawati bersama rombongan datang sekira pukul 11.10 WIB ke Mabes Polri. Mega disambut dengan karpet merah dan marching band. Mengenai penyambutan yang cukup meriah tersebut, Setyo menuturkan hal itu sebagai penghormatan kepada Megawati yang merupakan Presiden kelima Indonesia.

"Ini kan termasuk tamu kehormatan lah. Mungkin rekan melihat Kepala Kepolisian Malaysia pernah disambut juga disini. Tentunya ini adalah penghormatan sebab Bu Mega Presiden Indonesia kelima dan tadi ibu menyampaikan beliau Presiden terakhir berdasarkan tap MPR. Karena setelah itu langsung pemilihan Presiden. Kalau dulu kan dari MPR ditunjuk melaksanakan. Setelah itu enggak ada lagi," kata Setyo. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya