RI Pastikan Beli 16 Unit Jet Tempur Korea

Sukhoi buatan Rusia
Sumber :
  • indoflyer.net

VIVAnews - Pemerintah Indonesia dipastikan membeli pesawat jet tempur T50 buatan Korea Selatan. Tapi, kontrak pembelian satu skuadron atau 16 unit pesawat yang dibeli seharga US$400 juta atau sekitar Rp3,4 triliun itu belum juga dibuat.

"Itu kontraknya belum dibuat. Tapi memang itu salah satu pertimbangan kami untuk memperkuat skuadron," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 13 April 2011.

Meski demikian, Purnomo tidak menyebut mengapa kontrak pembelian itu belum juga dibuat. Yang pasti, jumlah unit pesawat yang akan dibeli Indonesia itu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran.

"Kalau dengan batas anggaran (cukup) satu skuadron," kata mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral ini.

Hal senada disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Imam Sufaat saat Hari Ulang Tahun TNI AU pada Sabtu 9 April 2011. Menurut Imam, pengadaan T50 ini untuk menggantikan posisi Hawk K53 yang sudah dimiliki Indonesia.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Kemampuan pesawat ini hampir sama dengan F16. "Diharapkan, pada 2012 sudah bisa datang," kata Imam di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Pesawat ini juga akan digunakan penerbang sebelum menjajal Sukhoi buatan Rusia dan F16. Salah satu alasannya, karena biaya operasi pesawat ini murah dan memiliki kemampuan yang tak jauh beda dengan dua jenis tadi.

"Jadi, jika nanti terbang dengan Sukhoi akan lebih aman dan tidak memerlukan banyak jaminan. Karena Sukhoi sangat mahal operating cost-nya," ujar Imam.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024