Eks Pegawai KPK: Uang Talangan Pencitraan KPK

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi Endro Laksono protes atas putusan majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Ia kecewa atas putusan majelis yang mengharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp388.875.367.

Menurut Endro, seharusnya uang pengganti itu tidak ada. Sebab uang kas sebesar Rp388.875.367 tersebut sudah ditalangi oleh sejumlah pegawai di KPK. Bahkan, jumlah uang yang ditalangi menurutnya hampir mencapai Rp500 juta.

Sebaliknya, Endro menuding KPK melakukan pencitraan dengan menutupi fakta bahwa uang sebesar Rp388.875.367 tersebut telah ditalangi terlebih dahulu.

"Uang pengganti kan sudah ditalangi kok bisa harus disuruh bayar uang pengganti. Itu untuk pencitraan KPK saja," kata  Endro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa 27 Maret 2012.

Kuasa Hukum Endro, August Pasaribu menegaskan bahwa uang pengganti sebesar Rp388.875.367 itu sudah ditalangi oleh beberapa pegawai di KPK. Menurut August, hal tersebut terungkap dari keterangan saksi Indra Marzuki selaku Kepala Sekretariat Deputi Pencegahan dalam persidangan.

Dijelaskan August bahwa atas perintah Sekjen KPK, saksi Eko Soesamto Tjiptadi (Kepala Deputi Pencegahan KPK), saksi Emmie Wahsundari, saksi Mamik Puji Lestari termasuk Sekjen KPK sendiri telah menalangi uang yang digunakan secara pribadi oleh terdakwa. Masing-masing sebesar Rp50 juta, Rp180 juta, Rp20 juta dan Rp5 juta. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kredibiltas KPK dan pada tahun berikutnya mendapatkan anggaran kembali.

"Dari upaya tersebut hasilnya pada LHP BPK tidak ditemukan adanya kekurangan uang dan hasil LHP BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," papar August.

Terkait keputusan Majelis Hakim yang menjatuhkan hukuman pidana selama empat tahun dan enam bulan, mantan staf administrasi muda di bidang kesekertariatan pencegahan pada Deputi Pencegahan KPK ini menyatakan akan menggunakan waktu untuk berpikir.

"Setelah berkonsultasi dengan penasehat hukum, kami minta waktu untuk pikir-pikir," kata Endro.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024