SBY: Anak Wajib Dilindungi dari Kekerasan

Daerah Inpres Desa Teringgal (IDT) di Papua
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Presiden SBY menegaskan anak wajib dilidungi dari berbagai bentuk kejahatan, kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. SBY pun mengutip pepatah bijak, bahwa semua bunga hari esok adalah benih-benih hari ini.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

"Di samping itu, kita juga terus berupaya agar anak-anak tidak ditelantarkan, dan tidak mendapatkan sanksi hukuman yang tidak adil dan tidak tepat," kata SBY pada puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu 29 Agustus 2012. Menurutnya, anak juga perlu dilindungi dari pergaulan yang tidak baik.

Dari Pemerintah, ada dua agenda utama yang diperuntukkan bagi anak-anak, yaitu perlindungan (protection) dan pemberdayaan (empowerment). Pemberdayaan anak, dalam arti luas adalah pemberian pendidikan dan pengembangan.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Menurutnya, saat ini orangtua sering dihinggapi  culture shock (goncangan budaya) dan future shock (kejutan masa depan), menganggap anak-anaknya memiliki cara berpikir, pergaulan, mindset, dan lainnya yang menyimpang dari nilai-nilai yang seharusnya.

"Pandangan seperti itu -sampai batas tertentu- barangkali benar. Tetapi pada sisi lain, juga bisa jadi ada permasalahan antara pemikiran orangtua, dengan masa di mana anak-anaknya berada sekarang ini. Dalam kaitan itu, orangtua tidak lagi tepat untuk sekadar mengatakan: Jangan ini...! dan Jangan itu...! kepada anaknya," jelas SBY.

Menurutnya, komunikasi dan empati dapat mencegah kesenjangan pemikiran antara orangtua dan anak.

Selanjutnya, orangtua juga sering kurang menyadari bahwa anak-anaknya adalah milik masa depan, yang tidak dapat dipaksa untuk mengikuti semua yang dilakukan orangtuanya di masa lampau. Tanpa meninggalkan jati diri dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, anak-anak harus dipersiapkan untuk terbiasa dan menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masa kini, bahkan masa depan. Sebab, zaman mereka nanti adalah abad global, abad teknologi dan inovasi.

"Pepatah bijak mengatakan, semua bunga hari esok adalah benih-benih hari ini. All the flowers of all the tomorrows are in the seeds of today," ujarnya.

Program PAUD
Pemerintah juga mengaku memberikan perhatian secara khusus kepada anak-anak, antara lain dengan menggalakkan dan menggiatkan program PAUD --Pendidikan Anak Usia Dini-- secara nasional. Melalui Gerakan Paudisasi, pemerintah ingin menyiapkan generasi emas dalam menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, pada 2045.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Di antara sekian banyak hak anak adalah hak untuk memperoleh pendidikan, rasa aman, dan kesempatan untuk mengembangkan diri. Sebab itu, semua pihak harus saling bekerjasama untuk memenuhi hak-hak anak.

"Untuk itulah, pemerintah memberikan perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan bagi anak-anak," ujarnya.

Pemerintah juga memberi ruang yang lebih besar pada program-program inovatif, yang dapat meningkatkan kecerdasan, kebugaran, dan kesejahteraan anak-anak. "Sekali lagi, marilah sungguh kita pahami, bahwa anak-anak kita adalah aset masa depan, aset bangsa dan penentu kemajuan kehidupan bangsa Indonesia di masa mendatang," katanya. (umi)


Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024