Menteri Keuangan Bakal Potong Anggaran Perjalanan Dinas Domestik

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu
- Menteri Keuangan M Chatib Basri memastikan kementeriannya akan memotong anggaran perjalanan dinas, terutama lingkup domestik, beserta rapat-rapat di luar kantor. Kementerian Keuangan juga meminta sesama insititusi pemerintah untuk bersama-sama menghemat anggaran perjalanan.

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya

Di gedung DPR, Rabu 23 Oktober 2013, Chatib mengungkapkan saat ini anggaran perjalanan dinas domestik, khususnya yang menggunakan pesawat, paling banyak serap anggaran.
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II


"Yang paling besar domestik dulu, juga mengenai konsinyering, kan suka bikin apa-apa konsinyering atau rapat-rapat di luar itu yang kami potong," ujarnya.


Menurut Chatib, akan ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur hal tersebut. Dia memastikan akan tinjau secara keseluruhan anggaran tersebut.


"Nanti kalau sudah ada angkanya persis saya kasih tahu, tapi angkanya cukup signifikan," ujarnya.


Dalam kesempatan berbeda, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengungkapkan nantinya kementerian dan lembaga akan diminta mendeteksi sendiri anggaran-anggaran perjalanan dinas apa saja yang patut diprioritaskan dan mana yang tidak.


Hasil dari pendeteksian internal tersebut nantinya akan dijadikan patokan berapa persen anggaran perjalanan dinas secara keseluruhan akan dipangkas.


"Kita belum tahu berapa persen. Karena K/L nanti memberikan datanya, tapi 2014 akan dilakukan," tambahnya.


Dalam RAPBN 2014 pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 32 triliun untuk perjalanan dinas. AlokasiĀ  tersebut termasuk anggaran rapat dinas sebesar Rp 8 triliun. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya