Koalisi Save KPK: Jokowi Tidak Lebih Tegas dari Ketua RT

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
- Koalisi Masyarakat #SaveKPK #BebaskanBW mengecam pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Mabes Polri. Jokowi dikecam karena tidak memberikan solusi.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Perwakilan Koalisi yang juga Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, menyebut bahwa pernyataan Jokowi di Istana Bogor, tidak mencerminkan seorang kepala negara yang berpihak terhadap upaya pemberantasan korupsi.
KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim


"Pernyataan Jokowi tidak lebih tegas dari seorang Ketua RT. Kita butuh seorang presiden bukan petugas partai. Kita butuh ketegasan Jokowi dalam upaya pemberantasan korupsi," kata Anis di Gedung KPK, Jumat, 23 Januari 2015.


Dia menegaskan bahwa Jokowi semestinya berani memerintahkan Wakapolri membebaskan Bambang Widjojanto, bukan justru membiarkan proses kriminalisasi berjalan terus. Dia menambahkan, Jokowi tidak berani mengambil sikap tegas dalam pemberantasan korupsi.


Bahkan presiden yang dijuluki media-media asing sebagai "People`s President" itu dinilai sengaja membiarkan pelemahan KPK. Anis juga menyebut bahwa Jokowi membiarkan perseteruan antara KPK dan Polri tidak berkesudahan, yang akan menghambat pemberantasan korupsi.


"Jokowi benar-benar mengecewakan seluruh rakyat Indonesia. Sekali lagi kami meminta Jokowi untuk menyelematakan KPK. Jika hingga besok pagi belum dibebaskan maka kami akan meminta seluruh rakyat Indonesia bergerak menyelamatkan KPK," ujar Anis. (ren)




Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya