Mendagri Kritik BIN Sering Kecolongan Konflik di Daerah

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyebu, selama ini Badan Intelijen Negara (BIN) sering kecolongan ketika konflik yang berkaitan dengan SARA di daerah pecah. Padahal seharusnya, intelijen pihak pertama yang tahu, suatu konflik berpotensi akan pecah atau tidak.

Kepala BIN: Saatnya Indonesia Punya Medical Intelligence Andal

"Ini sering kecolongan, yang kecolongan bukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), namun intel. Padahal intel tak boleh kecolongan, deteksi dini harus lebih dipahami, kalau sudah meledak, baru kecolongan," kata Tjaho dalam acara FKUB daerah se-Indonesia, di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarat Pusat, Kamis 6 Oktober 2016.

Ke depan, kata Tjahjo, BIN dengan FKUB harus mampu merespons dengan cepat dan mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan terhadap informasi-informasi kemungkinan terjadinya konflik sosial di daerah.

Wilayah 4T di Sulawesi Utara Digempur Vaksinasi

"Mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini bersama pihak terkait, dengan mengoptimalkan peran dan fungsi FKUB, FKDM, Kominda serta Forkompimda," ujar dia.

Apalagi, menurutnya, tantangan dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di daerah sangat beragam, seperti masih terjadinya permasalahan terkait pendirian rumah ibadat, konflik sosial bernuansa agama yang melibatkan kelompok masyarakat, aliran-aliran keagamaan, aliran kepercayaan dan ormas keagamaan.

11 Ribu Dosis Vaksin Disebar ke 5 Kabupaten di Jawa Tengah

"Termasuk munculnya benih-benih gerakan politik bersimbol agama dan berkembangnya faham keagamaan yang cenderung radikal serta bertentangan dengan ideologi Pancasila. Padahal persatuan dan kesatuan nasional baru dapat terwujud apabila masing-masing tidak saling mengganggu keimanan masing-masing pemeluk agama," ungkap dia.
    

Pj Gubernur Sultra Komjen Pol Andap Budhi Revianto

Jadi Pj Gubernur Sultra, Komjen Andap Beberkan 5 Tantangan Termasuk Netralitas ASN di 2024

Komjen Pol Andap Budhi sudah resmi jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Komjen Andap sudah serah terima jabatan dari Gubernur Sultra Ali Mazi yang purna tugas.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2023