Longsor di Bandung Barat, 116 Jiwa Diungsikan

Ilustrasi longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Musibah longsor akibat hujan terjadi di Kampung Cikatomas RT 05/03 Desa Citatah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Barat, Jawa Barat. Sebanyak 116 Jiwa terancam dan mau tak mau harus mengungsi menghindari longsor susulan.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kepala Seksi (Kasie) Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Alif Nur Anhar, menjelaskan pergerakan tanah itu terjadi pada Jumat malam, 18 November 2016.

"Akibatnya, tujuh rumah rusak berat, 28 rumah terancam. Pergerakan tanah terjadi akibat hujan deras," ujar Alif saat dikonfirmasi, Sabtu, 19 November 2016.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Alif mengatakan, hingga saat ini proses evakuasi yang melibatkan unsur terkait dan masyarakat setempat dilaksanakan. "Dibantu aparat kewilayahan, korban dievakuasi dan membersihkan material longsor secara manual," kata Alif.

Alif menambahkan, untuk menghindari longsor susulan, BPBD Kabupaten Barat mendirikan tenda pengungsian karena pergerakan tanah yang mengarah pada longsor susulan masih berpotensi.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

"BPBD Kabupaten Bandung Barat telah mendirikan Tenda Pengungsian untuk masyarakat, karena pergerakan tanah sampai saat ini masih terjadi. Dalam insiden ini nihil korban jiwa," ucapnya. (ase)

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Hujan dengan intensitas tinggi turun sejak Kamis 25 April 2024 sore hingga malam yang mengakibatkan empat rumah tertimbun tanah longsor di Kampung Sirnagalih, Garut.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024