Cari Heli Bell, Tim SAR Dilengkapi Alat Canggih

Ilustrasi/Helikopter TNI
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Proses pencarian terhadap Heli Bell milik Tentara Nasional Indonesia yang hilang kontak di Tarakan, Kalimantan Utara, pagi ini, 25 November 2016, dilanjutkan. Diperkirakan, helikopter yang hilang kontak sejak Kamis siang, 24 November 2016, itu, berada di kawasan hutan Long Bawan, Malinau, Kalimantan Utara.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Rencananya, penyisiran akan dilakukan dengan dua tim, yakni tim darat dan tim udara. Mereka akan memulai pencarian di sekitar koordinat terakhir terjadinya kontak dengan helikopter itu.

Berbagai peralatan canggih ikut dibawa tim, untuk memaksimalkan pencarian. Alat itu di antaranya basket rescue, personal locater beacon, man pack direction, dan telepon satelit.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Menurut Kepala Kantor SAR Balikpapan, Mujiono, salah satu alat yang akan berdampak vital adalah man pack direction. Alat yang mirip pipa putih ini berfungsi mencari sinyal gelombang tanda bahaya, yang terpancar dari emergency locater transmitter helikopter tersebut.

“Dengan peralatan canggih ini, `412 ep, sebelum dipastikan hilang kontak,” jelas Mujiono di kantornya, Jumat, 25 November 2016.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Sementara tim pencarian yang melakukan penyisiran dari udara, rencananya juga akan dibantu helikopter dari maskapai Pelita Air dan Susi Air. Kebetulan, helikopter kedua maskapai itu melintas pada jalur yang sama dengan Heli Bell 412.

Laporan: Iqbal Abdullah/ Balikpapan, Kalimantan Timur

VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Latihan terbang malam menggunakan Helikopter Bell 412

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024