Pemprov Bali Siapkan Pengacara untuk TKI yang Ditangkap FBI

Ilustrasi/tenaga kerja Indonesia ditangkap FBI di Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVA.co.id - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Buleleng, Bali, dilaporkan ditangkap Biro Investigasi Federal (FBI) di Amerika Serikat karena tersandung kasus pelecehan seksual. Ia mendekam di penjara negara bagian Miami, Florida.

Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Jangan Lupa Eksplor 3 Tempat Wisata di Ubud Ini

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali merespons penangkapan TKI bernama Gede Sukrantara itu. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ketut Wija, mengaku belum menerima informasi resmi dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI).

Namun Wija mengatakan telah dihubungi Konsulat Indonesia di Houston mengenai kasus yang menimpa Gede Sukrantara. Berdasarkan informasi yang dihimpun Konsulat dari teman-temannya, Gede Sukrantara memang memiliki hubungan dengan bocah asal Amerika.

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

"Informasinya, dia menjalin hubungan dengan anak Amerika itu atas dasar suka sama suka. Bisa saja mereka sudah berciuman atau kontak badan lainnya," kata Wija di Denpasar pada Selasa malam, 24 Januari 2017.

Meski baru mendapat informasi secara lisan, Dinas Tenaga Kerja telah menyiapkan kuasa hukum untuk membantu kasusnya. "Kita sudah menghubungi pihak konsulat untuk dicarikan pengacara," ujarnya.

Pindah ke Bali, Model Meliza Oktavilenny Beralih Jadi Content Creator

Wija berharap kasus itu dapat diselesaikan melalui kekeluargaan. Ia berharap perempuan Amerika itu mau menarik laporannya. "Kasus seperti ini tidak berat. Sekarang tergantung pelapor. Kita berharap dia akan mencabut laporannya. Kalau dicabut, perkara ini selesai. Kalau tidak (dicabut), maka konsulat kita optimalkan untuk membantu," katanya.

Gede Sukrantara adalah tenaga kerja yang dikirim Dinas Tenaga Kerja Buleleng melalui perusahaan swasta dan ditempatkan di kapal pesiar mewah Holland America Line. Pria berusia 26 tahun itu dikabarkan ditangkap aparat FBI pada Minggu lalu.

Gede dituduh melecehkan seksual seorang gadis di bawah umur yang merupakan warga negara Amerika. Orang tua korban melaporkannya kepada Kepolisian setempat pada Kamis, 19 Januari 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya