17 Desember, Bandara Lombok Dibuka

VIVAnews - Tidak hanya memantau kesiapan arus mudik Lebaran, Menteri Perhubungan Djusman Syafi'i Djamal juga meninjau pembangunan Bandara Iternasional Lombok di Tanak Awu, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dalam kesempatan itu, Djusman menyatakan pembangunan Bandara Internasional tersebut berlangsung lancar tanpa hambatan. 

Rencananya, Bandara Internasional Lombok akan diluncurkan pada 17 Desember 2009. "Saya gembira melihat kondisi bandara ini, terutama tata ruangnya," kata Djusman saat menggelar koordinasi persiapan arus mudik di Mataram, Minggu kemarin.

Dia menegaskan, keberadaan Bandara Internasional Lombok dapat membantu kelancaran arus transportasi udara pada 2010 mendatang.

Bahkan, bandara seluas 551 hektar itu diperkirakan dapat menampung pesawat Airbas A 380. Sekarang, pesawat jenis ini sudah dimiliki Singapore Airline baru bisa mendarat di dua bandara, yakni Bandara Ngurah Rai, Denpasar, dan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Hanya saja, bandara yang memiliki panjang runway 2.750 meter dan lebar 45 meter ini, perlu dilengkapi alat keselamatan darurat. Tidak hanya itu dibutuhkan perlebaran jalan hingga 7 meter pada jalur masuk menuju Bandara. 

"Memang masih ada yang kurang seperti penyelesaian terminal. Tapi yang penting juga ada pohon-pohon besar di pinggir jalan," ujarnya.

Pembangunan Bandara Internasional Lombok tersebut didukung dengan dana sebesar Rp 802 miliar. Diharapkan pengerjaan proyek Bandara tersebut dapat rampung awal 2010 mendatang. 

Djusman menilai pemilihan lokasi proyek bandara itu sangat tepat sehingga mudah diakses dari berbagai rute di NTB. hadi.suprapto@vivanews.com


Laporan: Edy Gustan l Mataram

5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat
Momen keakraban Anies dan Cak Imin

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Pertemuan Anies dan Cak Imin juga sekaligus menunjukkan bahwa keduanya masih terlihat kompak.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024