Ulama Muhammadiyah Muhammad Muqoddas Wafat

Muhammad Muqoddas (kanan).
Sumber :
  • Dokumen muhammadiyah.or.id

VIVA.co.id – Kabar duka menyelimuti warga Muhammadiyah. Ulama yang juga Ketua PP Muhammadiyah 2005-2015, Muhammad Muqoddas meninggal dunia, Sabtu, 22 Juli 2017 malam. Kakak kandung dari mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini meninggal di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, pukul 19:10 WIB.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

"Insya Allah Almarhum akan dimakamkan pada Ahad 23 Juli 2017 jam 14.00 di Makam Gambiran, Umbulhardjo Yogyakarta," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anhar Simajuntak, dalam pesan singkatnya, Minggu, 23 Juli 2017.

Dahnil mengatakan, dia mengenang Muhammad Muqosas sebagai ulama yang tegas dan berintegritas dalam bersikap. Menurutnya, sosok Almarhum tak pernah tergoda dengan godaan material. Selama hidupnya, mendiang dikenal sebagai figur yang sederhana.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

"Dedikasi dirinya hanya untuk dakwah Islam melalui Muhammadiyah," ujar Dahnil.

Dari informasi yang diterima, Muhammad Muqoddas sudah lama dikabarkan sakit. Pria kelahiran Yogyakarta, 26 November 1948 ini juga merupakan dosen Bahasa Arab Fakultas Adab UIN Yogyakarta dan Dosen Pendidikan  Ulama Tajih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

"Innalillahi Wainna ilahi rojiun. Telah meninggal Bapak Muhammad Muqodas, kakak Pak Busyro Muqodas. Semoga beliau husnul khatimah. Almarhum tamat dari Gontor, Lc Madinah, Pasca UIN Sunan Kalijaga: Dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sikijo, PP Muhammadiyah," demikian pesan singkat yang beredar dari PP Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024