Upah Para Penipu Siber WNA China Rp40 Juta

Para pelaku penipuan asal China yang dibekuk kepolisian, Sabtu (29/7/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Ratusan warga negara China pelaku kejahatan siber dibekuk tim gabungan kepolisian Indonesia. Para penipu ini diketahui masuk ke tanah air lewat visa kunjungan untuk mengelabuhi petugas.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Dari pemeriksaan, ternyata para penjahat siber asal China ini menerima upah yang lumayan besar setiap bulannya sebagai operator telekomunikasi.

"Digaji Rp40 juta sebulan," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran, Senin, 31 Juli 2017.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Sebelumnya, penggerebekan terhadap 148 orang warga negara China ini terjadi di tiga tempat yakni di Jakarta, Surabaya dan Bali pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Para warga China ini akan melakukan kejahatan siber berupa penipuan terhadap warga sesama mereka dengan modus mengaku sebagai polisi, jaksa maupun petugas perbankan dan mengatakan para korbannya sedang terjerat kasus.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Para korban, yang ketakutan, lalu ditipu dengan iming-iming kasus dihentikan jika menyerahkan sejumlah uang. Namun, para korban yang curiga lalu melaporkan ke polisi China dan diteruskan ke Polri hingga dilakukan penangkapan.

Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024