Sudirman Said Makin Pede Didukung 3 Partai di Pilgub Jateng

Sudirman Said
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said optimis akan diusung sejumlah partai besar pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Ia menyebut sudah ada tiga partai yang kini memberikan sinyal dukungan terkait pencalonannya.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Ketiga partai tersebut yakni Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, serta Partai Amanat Nasional. 

"Tiga partai yang bicaranya makin mengerucut artinya berkaitan dengan Pilgub Jateng, yakni Gerindra, PAN, dan PKS," kata Sudirman Said di sela acara silaturahmi bersama warga Jawa Tengah Universitas PGRI Semarang, Minggu, 20 Agustus 2017. 

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Namun sejauh mana dan tahapan apa komunikasi yang telah dijalin antara dirinya dengan Parpol, Sudirman enggan menjelaskan detail. Menurutnya, sinyal pemberian dukungan itu terbaca karena sebelumnya Sudirman mempunyai banyak relasi dan hubungan dengan pengurus parpol tersebut. Terlebih, ketiga partai sebelumnya menjadi partai pengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilgub DKI.

"Saya bersyukur karena persahabatan saya dengan beliau-beliau. Itu tentu memudahkan untuk memulai. Jadi suasananya cair dan saling mengisi. Mereka tentu memperhatikan progres perkembangan ini (pencalonan Sudirman)," bebernya.

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

Namun demikian, ia tak ingin jumawa sebelum dukungan itu benar-benar terwujud. Pria asal Brebes itu mempercayakan nasib dukungan pimpinan ketiga partai tersebut sambil terus bergerilya bertemu masyarakat. 

"Saya sih percaya saja bahwa beliau-beliau pada waktunya beliau akan memberi keputusan yang bijak. Tentu saja mereka akan memilih orang yang terbaik yang diterima masyarakat," tegas dia. 

Jika ketiga parpol tersebut nantinya benar berkoalisi mengusung Sudirman Said, maka kalkulasi jumlah kursi di DPRD sudah memenuhi syarat mencalonkan. Partai Gerindra memiliki 11 kursi, PKS 10 kursi, PAN 8 kursi. 

Sesuai aturannya, pasangan calon dapat diusung oleh Parpol yang memiliki 20 persen kursi di DPRD Jateng atau meraup 25 persen suara sah Pileg DPRD Jateng 2014. Untuk jumlah kursi di DPRD Jateng sendiri saat ini 100 kursi.

Silaturahmi Sudirman bersama warga Jateng di Semarang dihadiri oleh ribuan relawan Sudirman asal 35 kabupaten/kota. Dalam kesempatan itu, hadir pula penyanyi yang kini terjun di dunia politik, Neno Warisman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya